Home / Kabar Desa

Senin, 30 Agustus 2021 - 01:00 WIB

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi, Pemerintah Desa Tenogo Targetkan Menjadi Desa Mandiri dan Tangguh

M Bagus Pamuji - Penulis

TV Desa – Pekalongan : Pemerintah Desa Tenogo, Paninggaran, Pekalongan targetkan menjadi desa mandiri dan tangguh dengan diselenggarakannya pelatihan barista dan usaha warung kopi. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai salah satu komitmen dari Pemerintah Desa Tenogo dalam berkontribusi meningkatkan kapasitas pengembangan masyarakat Desa Tenogo di tengah pandemi Covid-19. Sabtu (28/8/2021).

Kegiatan yang diselenggaran ini menargetkan tumbuhnya wirausaha muda dibidang usaha warung kopi. Hal ini dilakukan mengingat Desa Tenogo menjadi salah satu desa penghasil kopi terbaik di Kabupaten Pekalongan.

“Seperti kita tahu di masa pandemi ini banyak pengangguran, dan melihat potensi kopi di desa tenogo, kami dari pemerintah muncul ide untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini,” ujar Kepala Desa Tenogo Agus Susilo.

Baca Juga |  Safari Ramadhan Sukses Digelar di Desa Sri Kembang, Hadi: Kita Wujudkan Program Bupati Banyuasin

Menurut Kades Agus, program pelatihan ini juga sebagai ajang mempromosikan kopi Tenogo agar masyarakat bisa meracik kopi sesuai dengan standar penyeduhan kopi dan menghasilkan cita rasa kopi yang sempurna, sehingga kopi tenogo bisa di kenal dikancah nasional bahkan dunia.

Selain itu, pelatihan ini juga membuka kesempatan bagi para pemuda milenial yang ada di desa tenogo untuk membuka usaha kopi.

Pemilihan Biji Kopi Terbaik
Proses Pemilihan Biji Kopi Terbaik

 

“Saya berharap dengan pelatihan ini bisa menumbuhkan usaha-usaha atau wirausaha di desa tenogo yang sudah memiliki banyak kopi tapi belum bisa dimaksimalkan dengan diolah, semoga dengan pelatihan barista ini bisa tumbuh usaha warung kopi, kedai kopi, dan lain sebagainya.” Ungkapnya.

Baca Juga |  Musyawarah Desa Pekon Sinar Mulya Kecamatan Banyumas Pringsewu

Reza Rialdi, yang merupakan salah satu peserta ini melihat bahwa pelatihan barista dan usaha warung kopi ini sangat sejalan dengan minat dan pekerjaannya selama ini, yakni sudah mulai membuka usaha kedai kopi.

“Saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini, karena bisa menambah pengetahuan saya dalam pengolahan kopi dan tentunya bisa memajukan usaha kedai kopi saya” ujarnya.

Berita ini 150 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

Kabar Desa

Keuchik Cot Mane Bagikan Pupuk Gratis Untuk Petani

Kabar Desa

Kediaman Warga di Gurun Panjang Dapatkan Kunjungan Dinkes Pessel

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB