Home / Kabar Desa

Senin, 23 Agustus 2021 - 11:21 WIB

Pembangunan Posyandu Dalam Rangka Memenuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

Pegiat Desa - Penulis

TV Desa-Kabupaten Ciamis : Dalam rangka mendukung program SDGs yang menjadi prioritas program pemerintah dan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan Pemerintah Desa Cisaga melakukan pembangunan Posyandu di RW 08 Dusun Cisaga Kota yang bersumber dari APBN melalui Dana Desa (DD).

Sebagaimana yang sedang digencarkan dalam program pemerintah pusat melalui Kementrian Desa PDTT bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa harus berdasarkan pada sustansi SDGs Desa. Ada 18 point dalam SDGs yang menjadi prioritas yang harus terselesaikan di desa termasuk di dalamnya menyangkut masalah kesehatan, penanganan stunting dan sarana prasarananya.

Bangunan Posyandu tentunya sangat penting sebagai sarana penunjang dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam bidang kesehatan, karena di situ terdapat aktivitas yang dapat mengontrol kesehatan masyarakat, mendeteksi adanya gangguan kesehatan masyarakat, sampai bagaimana mengendalikan angka stunting yang ada di masyarakat.

Baca Juga |  Gunung Merapi Erupsi, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Di Posyandu para Kader Kesehatan seperti Bidan Desa, Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) berativitas dari mulai penimbangan berat badan, tinggi badan dan pemeriksaan balita dan ibu hamil secara rutin tiap bulan sehingga dari kegiatan tersebut akan menjadi dasar evaluasi kebijakan pemerintah dalam penanganan masalah kesehatan masyarakat sampai mendeteksi munculnya stunting di masyarakat.

Di temui di Kantor Pemerintah Desa Cisaga, Sekdes Dodi Suherman, SE mengatakan “Di Desa Cisaga terdapat 11 bangunan Posyandu dan 3 diantaranya di bangun dari Dana Desa termasuk diantaranya yang sedang di bangun saat ini”.

Saat ini Senin, 23 Agustus 2021 pembangunan Posyandu di RW 08 Dusun Cisaga Kota Desa Cisaga Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat sudah mencapai 60 % dengan alokasi anggaran Rp. 70.750.000 dari Dana Desa tahap II. Adapun tanah yang di pakai bangunan dimaksud berasal dari swadaya masyarakat, “Masyarakat setempat sudah lama memimpikan mempunyai bangunan Posyandu sendiri seperti di daerah lainnya, karena selama ini aktivitas Posyandu di lakukan di rumah warga dengan segala keterbatasannya, sehingga ketika ada peluang anggaran bangunan dari Dana Desa masyarakat begitu antusias dan rereongan mengumpulkan uang untuk membeli sebidang tanah untuk tempat bangunan Posyandu” pungkas Dodi Suherman, SE dengan bangganya karena antusias warga yang begitu besar.

Baca Juga |  Desa Rangda, Berhasil Terbaik Dua Tahun Berturut-Turut Laporkan Keuangan

Masyarakat menyambut baik dan sangat bersyukur dengan adanya Dana Desa karena hadirnya Dana Desa sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hasrat membangunnya, baik infrastruktur maupun yang lainnya sehingga masyarakat berharap Dana Desa akan terus berlanjut untuk terwujudnya masyarakat yang mandiri.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 113 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi