Home / Kabar Desa

Kamis, 19 Januari 2023 - 08:48 WIB

Pemberdayaan Pamong Desa Indramayu: Pastikan Tepat Sasaran Bansos PKH, BPNT, dan PBI JK

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TVDesa – Indramayu : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu bersama Pemerintah Kecamatan Sukagumiwang menggelar pembinaan terkait Tertib Administrasi dan Percepatan Labelisasi Stiker Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (17/1/2023) ini menyasar para pamong Desa Gunungsari, Kecamatan Sukagumiwang. Camat Sukagumiwang, Suratno Sukarja, menjelaskan bahwa tujuan pembinaan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pamong desa tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) mereka dalam hal labelisasi stiker KPM.

Menurut Suratno, labelisasi stiker ini merupakan wujud transparansi dalam penyaluran bansos. Diharapkan dengan adanya labelisasi, masyarakat luas dapat mengetahui secara jelas siapa saja yang berhak menerima bansos PKH, BPNT, dan PBI JK di wilayah Kabupaten Indramayu.

Baca Juga |  Belasan Desa Wisata Gunung Kidul Adakan Pasar Kuliner Ramadhan

“Labelisasi ini juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas penerima bansos,” ujar Suratno. “Dengan penempelan stiker di rumah KPM, kita dapat memperoleh data kondisi real penerima bansos dan memastikan bansos tepat sasaran.”

Proses labelisasi stiker ini dilakukan di seluruh desa di Kabupaten Indramayu dengan batas akhir 25 Januari 2023. Stiker dibagikan ke tiap desa melalui kecamatan, dan proses labelisasi melibatkan operator SIKS-NG desa, pamong desa, Tim Koordinasi Kecamatan (Tikorcam), serta pendamping sosial (TKSK dan pendamping PKH).

Baca Juga |  Lansia Warga Desa Kutorenon Lumajang Terima Bansos PKH Plus

Suratno berharap pembinaan dan labelisasi ini dapat meningkatkan tertib administrasi penyaluran bansos di Indramayu. Selain itu, dengan mengetahui secara jelas penerima bansos, diharapkan akan ada Graduasi Mandiri KPM, di mana KPM tidak lagi membutuhkan bansos karena kondisi sosial ekonomi mereka telah meningkat.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 35 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jemput Bola Adminduk Ala Desa Bungai Jaya, Permudah Warga Urus KK dan KTP

Kabar Desa

Perbaiki Saluran Irigasi dan Jalan Desa, Upaya Tamansari Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kabar Desa

BUMDes Gampong Lamjabat Hadirkan Pupuk Kohe Sapi Fermentasi Ramah Lingkungan

Kabar Desa

Bantu Ternak Sapi ke BUMDes, Kades Batu Belubang Dorong Pengembangan Peternakan

Kabar Desa

Gombolharjo Gelar Rembug Stunting, Upaya Gencarkan Pencegahan dan Penurunan Stunting

Kabar Desa

BLT Dana Desa Bulan Ketujuh 2024 Cair di Desa Tengah Padang

Kabar Desa

Ini, Cara Desa Gambiran Gunakan Volley Untuk Promosikan Wilayah

Kabar Desa

Jenggawah Bersatu Maju: Musyawarah Antar Desa Membahas Pemanfaatan Potensi Desa