Home / Kabar Desa

Jumat, 24 September 2021 - 09:44 WIB

Pelatihan Kader Desa Wujudkan Orientasi Berkader

Pena Labuan - Penulis

TV Desa – Parigi Moutong : Terbitnya Permendesa PDTT nomor 7 tahun 2021 telah memberikan gambaran besar terhadap tugas dan peran kader desa pada tahun 2022. Sebab kader desa diharapkan bisa berpartisipasi untuk mensukseskan program SDGs Desa, dapat terlibat dalam program pemulihan ekonomi di desa, ikut mengawal program prioritas nasional, dan pencegahan serta penanganan bencana alam maupun non alam.

Berdasarkan tugas-tugas kader desa tersebut, pemerintah desa Ambesia kecamatan Tomini melaksanakan pelatihan kader desa khususnya dibidang pelayanan sosial dasar bagi masyarakat desa. Salah satu pembahasan utama dalam pelatihan ini, yakni upaya dalam pencegahan dan penangan stunting di desa. Sebab di tahun 2022, desa Ambesia merupakan satu dari sepuluh desa yang di tetapkan oleh pemerintah kabupaten Parigi Moutong sebagai desa lokus stunting.

Baca Juga |  Gus Halim: Desa Berperan Strategis Dalam Konvergensi Stunting

Pembahasan utama lainnya, yakni menumbuhkan semangat orientasi berkader dalam melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan lainnya di desa. Pelatihan dilaksanakan di kantor desa Ambesia pada tanggal 16-17 September 2021. Pesertanya terdiri dari perwakilan tutor PAUD di desa, dan seluruh kader kesehatan di desa. Di awal rangkaian pelatihan, peserta mendapat penjelasan tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 dari TPP kabupaten Parigi Moutong, Abdul Wahid. Pembahasan berikutnya yakni pemaparan program kerja dari pemerintah desa terkait layanan sosial dasar yang termuat dalam RPJM Desa yang dibawakan langsung oleh kepala desa Ambesia, bapak Safir Dj. Tanggulio.

Baca Juga |  Target Turunkan Angka Stunting di Tahun 2024, Pemerintah Kecamatan Bangsalsari Gelar Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan

Di akhir sesi pelatihan, TPP kecamatan Tomini, Rozhan Wilanda, selaku intruktur dalam pelatihan, mengarahkan peserta untuk merangkum berbagai persoalan mendasar selama pelaksanaan layanan sosial dasar di desa. Sekaligus mengevaluasi tugas dan peran kader desa serta memberikan penguatan orientasi berkader agar bisa mewujudkan semangat dalam menjalankan tugas-tugas pemberdayaan di desa.

Berita ini 199 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Didaulat Jadi PPID Desa, Ini Manfaatnya Bagi Warga Desa Tukum

Kabar Desa

Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Anak, Pemdes JerukPurut Kolaborasi Sama BNN

Kabar Desa

HUT Ke-17 BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salurkan Bantuan Kepada Anak-anak Yatim

Kabar Desa

Peringati Hari Lahir Pancasila, Desa Wonosari Gelar Upacara dan Gelar Seni Budaya

Kabar Desa

Pemdes Sungai Ulak Salurkan Bansos Beras 10 Kg

Kabar Desa

Gaya Randupitu Kelola Sampah, Tuai Pujian Anggota DPRD Kota Batu

Kabar Daerah

Pembersihan Gorong Aliran Sungai di Desa Lagan Bungin

Kabar Desa

Dukung Warganya Bisa Menulis, Nagari Kurai Taji Adakan Pelatihan Jurnalistik