Home / Kabar Desa

Rabu, 1 September 2021 - 00:26 WIB

Pemerintah Desa Bongkong Monitoring Pembangunan Fisik Desa

Dominikus - Penulis

Pembangunan Jembatan Sungai Teberung

Pembangunan Jembatan Sungai Teberung

TV Desa – Kapuas Hulu : Hari Senin tanggal 30 Agustus 2021, Pemerintah Desa Bongkong bersama BPD dan Pendamping Desa melakukan monitoring kegiatan fisik Desa tahap 1. Kegiatan fisik desa tersebut bersumber dari alokasi Silpa anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020.

Menurut keterangan dari ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa yang mengkoordinir kegiatan fisik desa, ada 2 kegiatan yang sudah selesai 100% dikerjakan oleh masyarakat secara swakelola. Kegiatan fisik Desa tersebut yaitu, pertama Pembangunan Jembatan Jalan Tani Sungai Teberung dengan volume kegiatan panjang 25 m, lebar 1,5 meter dan tebal 12 cm. Lokasi pembangunan berada di Dusun Sungai Raya RT. 006, tepatnya berada di Jalan Tani Sungai Teberung, berjarak 500 meter masuk ke dalam dari simpang jalan tani tersebut. Kegiatan pembangunan ini menghabiskan anggaran 70.526.000,- rupiah.

Pada kesempatan monitoring tersebut Bapak Abang Deraub Kepala Desa Bongkong menyampaikan kepada BPD dan Pendamping Desa, “apabila dari pembangunan ini ada yang kurang baik mohon kiranya memberikan masukannya untuk segera diperbaiki, sehingga tidak menjadi masalah hukum bagi kami Pemerintah Desa dikemudian hari”.

Baca Juga |  Cegah Penularan DBD, Pisangan Jaya Lakukan Fogging

Menanggapi pernyataan Pak Kades tersebut, Ketua BPD dan Pendamping Desa, sama-sama memberikan apresiasi dan dukungan kepada Pemerintah Desa yang sudah menyelesaikan pembangunan fisik desa dengan kondisi yang cukup baik dan tepat waktu.

Disela-sela melihat keadaaan bangunan jembatan, salah seorang warga masyarakat atas nama ibu Buti, menyampaikan kepada Pendamping Desa kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa yang sudah membangun Jembatan tersebut. Karena Jembatan ini merupakan akses penghubung antar Jalan Tani Sungai Teberung dari seberang sini ke seberang sana. Jalan ini adalah satu-satunya akses ke lahan pertanian dan perkebunan masyarakat Dusun Sungai Raya. Disini sekitar 1.5 Ton setiap bulan getah karet alam warga yang diangkut menggunakan motor melewati jalan ini. Disamping itu juga menjadi sarana bagi kami untuk ke ladang dan aktivitas perkebunan lainnya.

Baca Juga |  Pemdes Taja Mulya Gelar Pelantikan Perades dan Sejumlah Pengurus LKD, LAD dan PPL Swadaya

Setelah selesai dari monitoring di RT 006 Dusun Sungai Raya, selanjutnya melihat kegiatan Pembangunan Jembatan Jalan RT 004 di Dusun yang sama. Pembangunan Jembatan ini dibangun dengan panjang 17,5 meter dan lebar 3,5 meter, dengan alokasi anggaran sebesar 85.560.000,- rupiah.

Pembangunan Jembatan Jalan RT 004

Kegiatan monitoring pengecekan fisik desa berjalan baik meskipun berlangsung pada saat terik matahari. Namun tidak menyurutkan semangat bagi Pemerintah Desa, BPD dan Pendamping Desa untuk memastikan bahwa pembangunan fisik telah sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan waktu pelaksanaan selama 30 hari kerja.

Berita ini 361 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Hindari Kepunahan Akibat Arus Zaman, Warga Desa Adobala Terus Merawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024

Kabar Desa

“Pecah Telur” Desa Se Kecamatan Kedondong Sudah Salurkan BLT DD