Home / Kabar Daerah

Senin, 20 Mei 2024 - 14:38 WIB

Pemkab Badung Wujud-Nyatakan Ketahanan Pangan Dari Desa

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Badung : Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya, khususnya di kawasan perdesaan seperti dengan program penanaman cabai.

“Penanaman cabai ini adalah salah satu program yang dilakukan oleh Pemkab Badung dalam rangka pengendalian inflasi,” ujar Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri kegiatan panen cabai di persawahan Desa Mengwi, Badung, Minggu.

Ia mengatakan, program yang dilakukan di kawasan itu merupakan langkah dari Dinas Pertanian dan Pangan setempat dalam rangka menjaga ketersediaan pangan.

“Kami di Badung pada 2024 ini sudah memasang anggaran untuk menanam cabai seluas 45 hektare yang sebelumnya di 2023 telah menanam 15 hektare dan salah satunya ada di Desa Mengwi,” kata dia.

Baca Juga |  Pemprov Sumbar dan KPK Intensifkan Sosialisasi Bahaya Korupsi Kepada ASN

Sekda Adi Arnawa menjelaskan, pihaknya mendorong semua desa yang ada di Badung untuk mengambil langkah yang sama seperti yang dilakukan di Desa Mengwi untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Menurut dia, pemerintah juga akan konsisten membeli produksi petani dan memastikan ketersediaan pangan dan memastikan anggaran untuk petani akan ditambah terus walaupun tantangan yang ada di wilayahnya dinilai cukup berat seperti alih fungsi lahan.

“Sebisa mungkin kami memberikan perhatian terhadap petani untuk memastikan bahwa nilai tukar usaha petani semakin meningkat sehingga dengan demikian petani yang ada di Badung akan bangga jadi petani sehingga alih fungsi lahan bisa kami minimalisir,” kata dia.

Baca Juga |  Peninjauan Lapangan Dan Inventarisasi Ruas Jalan Ruas Sangir - Sungai Dareh ( P.056.3 )

Sementara itu, Perbekel atau Kepala Desa Mengwi I Nyoman Suwarjana mengungkapkan selama ini pemerintah di Badung selalu memberikan bimbingan kepada petani khususnya dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

“Program ketahanan pangan di Desa Mengwi pada 2023 lalu berupa budi daya bibit cabai dengan luas 50 are. Dari 50 are dapat menghasilkan 2.280 kg cabai dengan frekuensi panen sebanyak 15 kali dan untuk saat ini panen cabai yang ke-7,” ungkap dia.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya