Home / Kabar Daerah

Rabu, 2 Maret 2022 - 19:48 WIB

Banyuasin Tercepat Se-Sumsel, Salurkan Dana Desa

012 Joni Karbot - Penulis

TV Desa-Banyuasin: Penyaluran Dana Desa (DD) di Kabupaten Banyuasin, menjadi yang pertama dan tercepat di Provinsi Sumatera Selatan. Pasalnya pada gelombang pertama penyaluran, 60 desa telah diberikan rekom pencairan ke pihak bank.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Banyuasin Roni Utama AP MSi melalui Kabid Keuangan Aset dan Perkembangan Desa M Defri Adi Shah Putra, S.STP M.Si menjelaskan, gelombang pertama penyaluran DD di Kabupaten Banyuasin telah dilakukan Selasa (01/03/2022). Penerimanya terdiri dari desa-desa di wilayah Kecamatan Banyuasin III, Kecamatan Muara Sugihan dan Kecamatan Sembawa.

“Jika tahun sebelumnya DD disalurkan bulan April, tahun 2022 ini awal Maret sudah tersalurkan. Ini hasil kerja keras dan kerja cerdas serta kerja ikhlas, semua pemerintah desa di Kabupaten Banyuasin,” ungkap dia, Rabu (02/03/2022).

Adapun dana yang disalurkan berupa BLT DD Triwulan Pertama bulan Januari sampai Maret, kemudian Dana Desa Tahap Pertama Non BLT DD 40 persen. “Penyaluran berikutnya akan diterima 51 desa pada Jumat (04/03/2022) mendatang, sedangkan lebih dari 140 desa lainnya minggu depan dan kita targetkan tuntas Maret ini,” sambung dia.

Baca Juga |  Perkuat Implementasi SAKIP, Pemkab Banyuasin Gelar Coaching Clinic Perencanaan Kinerja

Lanjut Defri memperingatkan agar pemerintah desa yang telah menerima kucuran BLT DD Triwulan Pertama, segera menyalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) paling lambat 7 hari setelah diterima. “Tidak boleh lewat dari 7 hari, sebaiknya setelah diterima langsung dibagikan ke KPM,” tegas dia.

Kabar menggembirakan bagi desa yang telah menyelesaikan, laporan realisasi tahap pertama bulan maret ini maka pencairan tahap kedua dapat dilakukan April mendatang. “Tentunya semakin cepat semakin baik, kegiatan-kegiatan desa pun dapat terlaksana sesuai harapan,” terang dia.

Terpisah, salah satu Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Joni Karbot merupakan awak media ini, mengapresiasi atas pendampingan yang diberikan Dinas PMD Kabupaten Banyuasin yang sangat membantu, baik dari sisi regulasi dan petunjuk sehingga mempercepat bagi pemerintah desa, termasuk arahan dalam penyusunan APBDes sesuai aturan pusat dan perbup maupun juknis penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga |  Pendamping Desa Semarang Galang Donasi Kebakaran Desa Dadapayam

“sehingga pemdes dapat mepercepat penyaluran dana desa dalam kabupaten Banyuasin, ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sehingga Pemdes dapat berkerja lebih awal dalam penyerapan Dana Desa, Terutama peserta penerima BLT DD, ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua.” Ujarnya.

Ditambahkan bahwa Desa-desa di  Kecamatan Betung khususnya akan segera dalam percepatan penyerapan Dana Desa ini.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 430 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024