Home / Kabar Daerah

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:27 WIB

Pemkab Banyumas Gelar Tes Antigen Gratis Di Alun-alun Purwokerto

Nanang Anna Nurani - Penulis

TVDesa – Banyumas – Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan tes antigen secara gratis, Jumat (20/08/2021) di Alun alun Purwokerto. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap hari dengan batasan kuota 50 orang per hari nya. Tes swab antigen ini terbuka bagi seluruh masyarakat Banyumas.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan penyelenggaraan tes antigen ini untuk mengecek kondisi diri sendiri. Selain gratis, tes swab antigen ini juga tidak ada antrian karena sebelumnya peserta sudah mendaftar dan terjadwal.

“Ini adalah salah satu program Tracing yang dengan kesadaran masyarakat dan tidak kita paksa. Kalau ada yang positif itu satu kalau dia tidak mempunyai gejala apa–apa, nanti dia isolasi mandiri dengan segala hak dan kewajibannya harus dipatuhi. Kalau nanti kemudian dipantau bergejala nanti kita siapkan obat dan vitamin. Kalo bergejala kita kirim di isolasi terpusat di Baturraden” ungkap Bupati Banyumas

Jika pelaksanaan tes swab antigen gratis ini hasilnya bagus dan bisa mendeteksi, maka nanti akan dilaksanakan pula di Ajibarang, Wangon, Sokaraja dan Banyumas. Bupati menambahkan saat ini jumlah tes antigen yang dimiliki pemkab sebanyak 23.000.

Baca Juga |  100 Kades di Bengkulu Langsung Dapatkan Kuliah Gratis

Bupati menambahkan pada hari pertama pelaksanaan tes swab antigen gratis ini dalam waktu 5 menit telah habis kuota 50 orang yang mana berarti antusiasme masyarakat cukup tinggi dan masyarakat cukup aware dengan kondisi kesehatan mereka.

“Semoga dengan adanya tes swab antigen ini dapat menjadi salah satu katalisator dari masyarakat bahwa mereka memahami bahaya Covid dan lebih hati – hati,” lanjutnya

Senada disampaikan oleh Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dr Arif Sugiono yang mengatakan bahwa tes antigen gratis ini adalah sebagai upaya tracing dan membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka dari paparan virus Covid-19. Tes antigen gratis dibuka dengan jatah kuota 50 orang per hari. Warga bisa mendaftar melalui website vaberaya.banyumaskab.go.id.

“Banyumas posisi kasus sudah mulai melandai, dari kasus yang positif, kemudian yang dirawat di rumah sakit hingga yang meninggal sudah mulai menurun. Sehingga upaya 3T yaitu Tracing, Testing dan Treatment tetap harus digalakkan sambil kita terus mengedukasi terkait dengan protokol kesehatan. 3T ini salah satunya adalah Testing untuk mengetahui sekaligus sebagai upaya untuk melakukan pengendalian. Ketika Testing ini dilakukan secara awal di masyarakat awam bisa menjaring temuan – temuan kasus positif yang bisa segera ditindak lanjuti sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera diputus rantai penularannya dan ini sekaligus membantu pemkab dengan tujuan untuk memotret kondisi Covid-19 di Banyumas itu seperti apa.” katanya.

Baca Juga |  Kecamatan Girimarto Laksanakan Percepatan Vaksinasi Bagi Relawan, Pedagang, dan Mahasiswa

Salah satu peserta Hufron (26 tahun) mengaku dapat informasi dari IG Bupati Banyumas Achmad Husein, karena memang membutuhkan surat keterangan bebas Covid dia mengikuti kegiatan ini.

“Saya baru libur dari pekerjaan, syarat masuk harus dengan keterangan tes negatif,” katanya

Menurutnya hal itu sangat membantu terutama kan kebutuhan kaya gini sering diminta saat keluar mau berpergian.

“Dan bisa menghemat uang lah intinya.” pungkas Hufron.

Berita ini 19 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*