Home / Kabar Daerah

Rabu, 6 April 2022 - 16:03 WIB

Pemkab Probolinggo Lantik Kades Terpilih pada 13 April 2022

Yadi - Redaksi Jakarta - Penulis

TV Desa – Probolinggo : Panitia Pemilihan Kabupaten (Pankab) Probolinggo, terkait jadwal pelantikan ratusan kades terpilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar pada Februari 2022 lalu, memutuskan untuk melaksanakan pelantikan kepala desa terpilih akan digelar pada Rabu (13/4/2022) pekan depan.

“Ya, panitia kabupaten menetapkan tanggal 13 April 2022 mendatang untuk pelantikan kades terpilih,” kata Priyo Siswoyo, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, dikutip dari Beritajatim.com, Selasa (5/4/2022).

Keputusan penetapan tanggal pelantikan tersebut dicapai setelah melalui rapat Pankab, yang dilakukan pada Senin (4/4/2022). Terkait teknis, lanjut Priyo Siswoyo, hal itu akan ditentukan dinas terkait.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Cigombong - Cibadak

“Sedangkan untuk teknis-teknis pelantikannya itu nanti sudah bagiannya pihak Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa),” jelas Priyo Siswoyo.

Namun, lanjut dia, pihaknya juga sedang menyiapkan pemberhentian Pj Kepala Desa.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 250 desa yang berada di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022, Kamis (17/2/2022). Para kades terpilih tersebut, merupakan hasil dari pesta demokrasi tingkat desa, yang diramaikan oleh 803 orang calon kepala desa (cakades) yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh panitia Pilkades yang ada di masing-masing desa se-Kabupaten Probolinggo. Sebanyak 723.046 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 250 desa, mengikuti proses pemungutan suara pilkades yang tersebar di 1.847 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga |  35 Desa di Kudus Sudah Mencairkan Dana Desa Tahap I

Berdasarkan hasil penghitungan suara pilkades serentak di 16 kecamatan, cakades incumbent masih mendominasi kemenangan, dimana total ada 104 cakades incumbent di 16 kecamatan. Dari 104 cakades incumbent itu, sebanyak 60 incumbent menang. Sisanya, 44 cakades incumbent tumbang oleh pendatang baru atau rival lama.

 

Berita ini 72 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar ingatkan Pj Wali Kota Sawahlunto Pentingnya Kolaborasi*

Kabar Daerah

Besok Pagi Simulasi Bencana Digelar, Sirine Gempa dan Tsunami Dibunyikan Serentak*

Kabar Daerah

Rakor Pencegahan Korupsi Wilayah Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ajak Bupati/Wako Tingkatkan Sinergitas dalam Pencegahan Korupsi*

Kabar Daerah

Desa Wisata, Berhasil Dongkrak Kunjungan Wisata Sumbar

Kabar Daerah

Dikelola BUMDes, 9 Pasar Desa di Kulonprogo Dongkrak Pendapatan Asli Kalurahan

Kabar Daerah

Kulonprogo Catat Baru Ada 13 Pasar Desa Berbadan Hukum

Kabar Daerah

Ratusan Desa di Sumbar Belum Miliki Batas Wilayah Administratif

Kabar Daerah

Sumbar Siap Jadi Tuan Rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional