Home / Kabar Daerah

Minggu, 12 September 2021 - 15:47 WIB

Lampung Segera Gondol Abdi Tani 2021

005 Aldi Afriyadi - Penulis

TV Desa – Lampung Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menginformasikan bahwa  Pemerintah Provinsi Lampung akan menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Kementerian Pertanian pada Senin 13 September 2021 mendatang.

Berdasarkan surat undangan dari Kementerian Pertanian nomor : 149/TU.020/M/9/2021, tertanggal 9 September 2021, direncanakan bahwa penghargaan akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jl.Medan Merdeka Selatan No13, Jakarta Pusat.

Abdi Bakti Tani merupakan program dari  Kementerian Pertanian berupa pemberian penghargaan kepada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Bidang Pertanian yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik/masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mendorong perbaikan pelayanan dan memberikan motivasi bagi tumbuhnya inovasi untuk mendukung capaian program pembangunan pertanian serta meningkatkan pelayanan prima.

Baca Juga |  Cegah Stunting, Pemdes Karang Raja Gelar Pelatihan

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian, juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 mendatang.

Seperti diketahui, pembangunan sektor pertanian Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19. Sektor pertanian Provinsi Lampung mampu tumbuh secara positif. Salah satunya dari besaran produksi padi, Provinsi Lampung Tahun 2020 mencapai sebesar 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47% dari produksi padi tahun 2019.

Momentum ini akan terus dijaga oleh Gubernur Lampung dengan meluncurkan kebijakan strategis, yaitu berupa program Kartu Petani Berjaya (KPB). Program ini diharapkan memberikan berbagai kemudahan kepada petani dalam proses produksi dan pemasaran hasil pertanian.

Baca Juga |  Terima Aduan KNPI, Merlan S Uloli Janji Fasilitasi Gedung Pemuda Di Bone Bolango

Tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Lampung. Sebagaimana data resmi yang dilansir BPS pada 5 Agustus 2021, untuk tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Lampung menunjukan trend positif. Besaran pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2021 secara q-to-q, Lampung tumbuh 3,04% dan Triwulan II-2021 tumbuh 6,69%, angka ini merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi Se-sumatera.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 53 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya