Home / Kabar Daerah

Kamis, 30 September 2021 - 21:07 WIB

Pencanangan Kampung Bahari Nusantara Di Kalurahan Jangkaran Temon Kulon Progo

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – KULON PROGO : Menurut laporan Babinsa Jangkaran Serka Robbet S pada Kamis 30 Sept 2021 Mulai pukul 08.00 wib s/d 10.45 wib Monitoring pelaksanaan program Bintahwil Bahari TNI AL TA 2021 dan pencanangan kampung bahari nusantara di kal jangkaran.

A. Hadir dalam giat:

1. Kasubdis Bintahwilmar Dispotmar Mabesal, Kolonel laut Budi Mulyadi.
2. Kepala DKP DIY, diwakili Kasi Pengawasan dan Perikanan, Bambang Suminto, SH.
3. Kepala BKSDA DIY, diwakili Kepala seksi wilayah 1, Untung Suripto
4. Bupati Kulon Progo, Drs H. Sutedjo.
5. Dandim 0731/Kulon Progo, Letkol Inf Yefta Sangkakala. S.Sos.
6. Dansatradar 215 Congot , Letkol lek Nanang mahfudi S., S.T., M.M
7. Kapolres Kulon Progo, diwakili Kasatsabara, AKP Denis Efendi, SH.
8. Plh. Danyon Pelopor B Brimobda DIY, AKP Edi Efianto, S.H., M.H.
9. Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati, SE.
10. Dispotmar Mabesal, Letkol Marinir Y. Sumarwoto.
11. Pasintel Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (T) Sugiyono.
12. Pasops Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (P) Yuhanit.
13. Pasproga Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (S/W) Soelastijaningsih.
14. Paspotmar Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md.,
15. Dandenpomal Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi.
16. Pasminlog Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (T) Dwi Badi JS.
17. Kaakun Lanal Yogyakarta, Mayor Laut (S) Edvien Adi Putra.
18. Dispotmar Mabesal, Kapten Marinir Khaeruddin
19. Kasatfaslan Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (T) Didik Gunawan.
20. Danunit Intel Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (P) Hadi Sutrisno
21. Kaurlidkrim/pamfik Lanal Yogyakarta, , Kapten Laut (PM) Rudi S.
22. Kaurgakkum Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (PM/W) Hastuti
23. Kepala DKP Kulon Progo, Ir. Sudarno, MMA.
24. Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, dr. Sri Budi Utami, M. Kes.
25. Panewu Temon, Drs. Agus Hidayat, MSi., beserta Forkompimcam Kapanewon Temon.
26. Lurah Jangkaran, Murtakil Humam, beserta perangkat Kalurahan Jangkaran.B. Rangkaian kegiatan:

1. Kegiatan diawali dengan Pelepasan Tukik oleh Bupati Kulon Progo dan undangan di Pantai Congot dilanjutkan acara di tenda undangan depan Posmat TNI AL Congot.

2. Pembukaan oleh MC.

3. Laporan Ketua Panitia, disampaikan oleh Paspotmar Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md.,

4. Sambutan Kadispotmar, disampaikan oleh Kasubdis Bintahwilmar Dispotmar Mabesal, Kolonel laut Budi Mulyadi:

a. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat dan karunia-nya kita dapat menghadiri acara penutupan pembinaan ketahanan wilayah (bintahwil) bahari 2021 di desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo dalam keadaan bahagia, sehat walafiat.

b. Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kita semua karena kita sekarang dapat bertatap muka bersama dan Berbagi bersama membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi masyarakat pesisir di Kabupaten Kulonprogo yang diwujudkan dalam pembinaan ketahanan wilayah Bahari. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tugas TNI Angkatan Laut dalam rangka pembinaan pemberdayaan wilayah pertahanan laut guna menyiapkan Segala potensi nasional untuk mendukung sistem pertahanan semesta.

Baca Juga |  Sumbar Nyatakan Siap Helat Pesta Demokrasi 2024

c. Pembinaan ketahanan wilayah Bahari merupakan bagian dari pembinaan potensi maritim yang diarahkan untuk menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan dan keamanan dari aspek laut. Merupakan suatu daya tarik tersendiri juga bagi kami karena di khususnya di wilayah Kulon Progo memiliki potensi maritim yang mampu diandalkan dan perlu digali serta dikelola secara baik agar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perlindungan dan kelestarian alam sekitar serta mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam aspek pertahanan negara di laut .

d. Keanekaragaman ekosistem yang menghadirkan potensi sumber daya alam baik biotik maupun abiotik perlu dikelola dan dilestarikan dalam menjaga kondisi lingkungan yang Lestari dan berkelanjutan. Tingginya tingkat abrasi oleh ombak Samudra Hindia di sebagian besar Pantai Selatan Jawa perlu di ditanggulangi secara baik di antaranya dengan tanaman yang mampu menahan abrasi dan menjaga konservasi alam seperti penanaman mangrove di samping itu keanekaragaman hayati seperti penyu yang sebelumnya hidup berkembang secara baik dan alami pada masa sekarang ini perlu dijaga dibudidayakan dan perlu dilestarikan untuk menjaga ekosistem.

e. Yang tidak kalah menariknya adalah bahwa di tanah pesisir yang berpasir seperti di Kulonprogo ini bisa tumbuh dengan baik segala jenis tanaman palawija maupun hortikultura yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

f. Kehadiran TNI Angkatan Laut juga membawa misi berupa tugas dari pimpinan TNI Angkatan Laut yang ditujukan khususnya kepada masyarakat pesisir yaitu program Kampung Bahari nusantara yang terdiri dari lima plaster yaitu: edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan. Kami Rintis 4 program tersebut dengan merenovasi sebuah bangunan menjadi rumah pintar untuk diarahkan sebagai pusat kegiatan masyarakat kemudian membenahi tempat wisata mangrove dan telah dibangunnya gapura Kampung Bahari Nusantara serta beberapa kegiatan pembinaan penyuluhan dan pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan potensi maritim yang sudah berlangsung beberapa hari yang lalu guna menunjang terlaksananya and pembinaan ketahanan wilayah. Sedangkan Cluster kelima yaitu pertahanan adalah menjadi ranah kami TNI Angkatan Laut dalam memberikan materi pembinaan dan latihan kesadaran bela negara dan jiwa kebaharian kepada generasi muda dan masyarakat umum agar memiliki jiwa nasionalisme kesadaran bela negara dan memiliki jiwa kebaharian sebagai bagian dari masyarakat maritim Indonesia yang mampu menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka membantu tugas TNI jika negara membutuhkan.

g. Dengan berakhirnya Bintahwil tahun 2021 di Kulon Progo ini bukan berarti segala program kegiatan telah selesai dan berhenti namun diharapkan untuk ditindaklanjuti ditingkatkan dan dioptimalkan untuk menunjang kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kulonprogo pada umumnya dan masyarakat Jangkaran pada khususnya. Kelurahan Jangkaran kita harapkan menjadi percontohan Kampung Bahari nusantara sebagai kampung yang unggul dan berkualitas yang dapat diukur dari maju dan berkembang nya Cluster KBN yang unggul dalam segi pendidikan, unggul secara ekonomi yang dapat diukur dari meningkatnya pendapatan daerah dan perkapita, unggul dalam bidang kesehatan, unggul dalam bidang pariwisata dan memiliki kesadaran bela negara dan jiwa bahari yang mumpuni.5. Sambutan Bupati Kulon Progo Drs Sutejo:

Baca Juga |  Dansatgas Yonif 742/SWY : Lahan Demplot Jadi Percontohan Dorong Hanpang di Perbatasan

a. Pada kesempatan yang baik dan berbahagia ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pangkalan Utama TNI AL V yang telah bersinergi dan bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan pada hari ini.

b. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat Kulon Progo dan masyarakat teredukasi dalam hal bahari. Perlu kita ketahui bahwa TNI AL telah memiliki sekitar 1.757 desa binaan di seluruh pelosok Nusantara. Hal ini sebagai bentuk komitmen TNI AL di daerah dalam rangka membantu Pemerintah Daerah masing-masing dalam mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat, khususnya di masa pandemic Covid 19 ini, serta untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme.

c. Mengenalkan kebaharian kepada masyarakat sangatlah penting, mengingat bagian selatan wilayah Kabupaten Kulon Progo berbatasan dengan laut.
Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi :

1) Penyuluhan kepada warga jangkaran tentang Konservasi penyu
2) Penanaman Palawija di lahan pasir
3) Budidaya ikan dengan metode bioflog
4) Pendidikan Bela Negara

d. Pada kesempatan ini nanti juga akan dicanangkan Kalurahan Jangkaran sebagai Kampung Bahari Nusantara. Semoga membawa kebaikan dan manfaat khususnya bagi masyarakat Kalurahan Jangkaran.
Kampung Bahari Nusantara tersebut ditandai dengan pembuatan gapura Kampung Bahari dan Rumah Pintar. Tentunya pembinaannya akan berlangsung secara berkelanjutan dan berkesinambungan.
Inilah wujud sinergi yang sangat baik antara TNI AL dengan masyarakat. Sinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi serta pertahanan. Harapan saya, setelah nanti dicanangkan, maka masyarakat dapat terus menjaga dan mengembangkan Kalurahan Jangkaran ini sebagai Kampung Bahari Nusantara. Dengan pembangunan di daerah Kalurahan diharapkan akan memicu arah pembangunan yang lebih baik ke atasnya.

e. Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, ada kekurangan dan kehilafan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa mencurahkan berkah dan inayah-Nya kepada kita sekalian, serta meridhoi usaha kita semua. Aamiin.
Sekian dan terima kasih.6. Penandatangan Perjanjian Kerja Sama, antara TNI AL Lanal Yogyakarta dengan Pemkab Kulon Progo.

7. Penyerahan bantuan secara simbolis dari Bupati KP / DKP:
– Kartu Pas untuk nelayan,
– Sarana Alat tangkap

8. Penyerahan secara simbolis paket sembako kepada:
– Perwakilan warga jangkaran
– Pengurus Masjid

9. Peninjauan lahan ketahanan pangan dan budi daya penyu di lahan Pos TNI AL Congot

10. Menuju rumah pintar Jala Cendekia Nusantara di Pasir Mendit melintasi Gapura Kampung Bahari Nusantara.

11. Peninjauan rumah pintar dan penandatanganan prasasti.

12. Menuju lokasi penanaman mangrove di Pasir Kadilangu.

13. Penanaman mangrove.
14. Ramah tamah.
15. Selesai.Giat berjalan aman tertib dan lancar
Demikian.

Berita ini 153 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih kepada Kemenhub yang Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar*

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

PKS Sumbar Hadir dalam Teleconference, Laporkan Buka 9 Posko Mudik di Sumatra Barat*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Terbitkan Surat Edaran Terkait Pengendalian Sampah Selama Libur Lebaran*

Kabar Daerah

Anggota Pramuka Kwarran Purwokerto Selatan Bantu Korban Kecelakaan

Kabar Daerah

Pemkab Tangerang Siapkan Posko di Tempat Wisata Selama Libur Idul Fitri