Home / Kabar Desa

Senin, 20 September 2021 - 22:54 WIB

Pendampingan Prodeskel, Perdes Penegasan Batas Desa & Perdes Kekayaan/Aset Desa Terentang Hilir

010 Fandi - Penulis

TV Desa – Terentang Hilir : Kegiatan pengisian pada web Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh Pemerintah Desa untuk melihat status perkembangan dan potensi Desa oleh Kemendagri. Kegiatan pendampingan kali ini dilakukan di Kantor Desa Terentang Hilir (20/9-2021) Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya.

Profil Desa dan Kelurahan atau yang sering disebut dengan “PRODESKEL” merupakan aplikasi berbasis web online untuk menyajikan pelaporan data dengan berbasis online, dimana pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007), karena merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional dibidang Profil Desa dan Kelurahan.

Sibung, operator Prodeskel Desa Terentang Hilir menyatakan “ini memang sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap operator Prodeskel karena sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Desa untuk mendata dan menginput tentang potensi dan perkembangan yg ada di wilayah Desa”.

Pada disaat dimintai keterangan lebih lanjut, Sibung juga menjelaskan dengan logat bicara suku dayaknya “masih merasa kebingungan dan sudah sangat lama belum terselesaikan penginputan data-data terkait Prodeskel ini, dikarenakan masih butuh bimbingan lebih lanjut oleh OPD terkait, terlebih lagi data-data seperti luas dan tipe lahan yang selama ini masih belum ada kejelasan, titik koordinat penentuan batas Desa dan cara mengkonversi ukuran panjang ke ukuran luas dan lain sebagainya, dan maka dari itu perlu adanya kegiatan pemetaan lahan dari OPD terkait”.

Baca Juga |  Desa Teluk Kapuas di Anugerahi Penghargaan Dalam Keterbukaan Informasi Publik
Kegiatan Pendampingan Penginputan Prodeskel, Perdes Penegasan Batas Desa & Perdes Kekayaan/Aset Desa. Foto Bang Bador (20/9-2021)

Pada saat sela-sela pengisian data ini, sambung Heri yulianto selaku Kepala Desa Terentang Hilir menjelaskan bahwa “memang perlu adanya pendampingan khusus oleh OPD terkait agar kedepannya status Desa ini bisa naik tingkat dan berubah dari Swadaya menjadi Swakarya, selain itu juga untuk pemetaan lahan yang sesungguhnya betul-betul dilakukan dilapangan sangat mahal sekali biayanya, apabila menggunakan pihak konsultan atau pihak ke tiga, untuk mengukur jelas kepastian luas dan tipologi lahan-lahan dilapangan, biayanya bisa dari puluhan juta bahkan sampai ratusan juta untuk kegiatan pengkuran real dilapangan”.

Fandi TPP Kec. Terentang pada saat mendampingi kegiatan ini menambahkan bahwa “harus adanya sinkronisasi dan kolaborasi antara pihak yg telah ditugaskan baik itu Pemerintah yang ada di Kecamatan ataupun di Kabupaten agar permintaan percepatan pengisian data Prodeskel ini selesai cepat pada waktu yang telah ditentukan, dan pada saat pendampingan baik itu TPP dan operator telah menyelesaikan Prodeskel sampai tervalidasi oleh sistem Prodeskel, selain mendampingi Prodeskel, Perdes No 8 Tahun 2021 tentang Penegasan Batas Desa dan Perdes No 9 Tahun 2021 tentang Kekayaan/Aset Desa juga sudah rampung dikerjakan. Selain itu juga Fandi memberikan trik khusus kepada operator tentang trik untuk mengukur luas lahan dan menulis dengan cepat dikomputer serta trik yang lainnya.

Baca Juga |  Tim Damkar Kecamatan Sepatan Evakuasi Sarang Tawon di Tiang Listrik

Disaat terakhir kegiatan penjilidan Prodeskel ini, dengan perasaan senang dan lega karena sudah selesai dalam pengisian, Sibung operator Prodeskel dari Desa Terentang Hilir menegaskan “apabila ada Desa-desa baik itu dari Kecamatan Terentang ataupun dari Desa yang lainnya meminta bantuan dalam percepatan dalam pengisian Prodeskel ini, kami akan siap membantu, tukasnya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 236 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih