Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 01:23 WIB

Pendataan SDGs Desa Nagari Kapa Dikawal Ketat Oleh Pendamping Desa Dan Babinkhamtibmas

025 Desi Marniwati - Penulis

TV Desa – Pasaman Barat : Untuk mempastikan tidak ada warga desa yang tertinggal, dan semua informasi tergali dari masyarakat,  pendamping desa mengunjungi dan mendampingi enumerator melakukan pendataan kerumah warga nagari Kapa.

Hal ini dilakukan bentuk upaya pengawalan dan percepatan pendataan SDGs Desa di Nagari Kapa.

Dalam aksi turun kerumah warga, Selasa (14/9/2021), pendamping desa bersama bhabinkantipmas bersama enumerator  turun di RW/ jorong kapa Selatan.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah : pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih  mikro. Sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level Jorong, Keluarga, dan Warga.

Pendataan ini bersifat partisipatif. Pendataan SDGs Desa ini Merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs Desa.

Baca Juga |  Pokdarwis Karang Kitri Santuni 50 Warga Lansia di Desa Karangmulya

Babinkamtibmas, Alda Syahputra, menuturkan, Sebagai Mitra pokja SDGs Desa Nagari Kapa  maka, progres pendataan dan kendala dilapangan perlu diketahui oleh babinkamtibmas guna dicarikan solusinya. Sehingga pendataan SDGs desa di Nagari Kapa tidak terhambat dengan kendala teknis dilapangan.

Nurhayati, ST. Pendamping Desa Teknik menuturkan, sebagai pendamping desa harus  melakukan monitoring terhadap seluruh proses pemutakhiran data SDGs Desa di Nagari Kapa. Hal ini guna Mempastikan tidak ada satu warga desa di Nagari Kapa yang tidak terdata/ tertinggal.

Selanjutnya, pendamping desa harus mampu menjelaskan proses pemutakhiran data SDGs Desa dan memecahkan masalah yang muncul dlapangan. Sehingga perlu kerja sama yang baik dengan Babinkamtibmas serta pemerintahan Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Baca Juga |  Assamaturu: Memperingati 59 Tahun Desa Bulusibatang Menuju Desa Mandiri "

Desi Marniwati, SP. MP  Menuturkan, Tujuan SDGs Desa adalah diprioritaskan berdasarkan kondisi objektif nagari yang tergambarkan pada Sistem Informasi Desa (SID).

Selanjutnya, data SDGs pedoman bagi Pemerintah Nagari, BAMUS/BPD serta masyarakat untuk menentukan arah  kebijakan perencanaan pembangunan nagari, serta program dan/atau kegiatan prioritas Pembangunan Desa.

Berita ini 78 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

kepala desa Gajahrejo bersinergi dengan masyarakat dalam membangun desa

Kabar Desa

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

Kabar Desa

Keuchik Cot Mane Bagikan Pupuk Gratis Untuk Petani

Kabar Desa

Kediaman Warga di Gurun Panjang Dapatkan Kunjungan Dinkes Pessel

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah