Home / Kabar Daerah

Senin, 3 Juni 2024 - 12:18 WIB

Pengawas Kelurahan Desa se-Suwawa Resmi Bertugas di Pemilukada Bone Bolango 2024

Heriyanto Harmain - Penulis

TVDesa – Bone Bolango : Petugas Pengawas KelurahanDesa (PKD) se-Kecamatan Suwawa, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bone Bolango tahun 2024 resmi bertugas, setelah dilantik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Suwawa

“Bapak/ibu telah menjadi bagian dari keluarga besar Bawaslu, sekaligus menjadi ujung tombak bawaslu Bone Bolango, saya berharap bapak/ibu menjalankan tugas dan fungsi, wewenang dan tanggung jawab sebagai PKD, menjaga integritas, profesionalitas dalam bekerja,” ucap Yulianti Laliyo, S.Pd.,M.Pd, Kordiv penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa (P3S) Bawaslu Kabupaten Bone Bolango, usai Pelantikan PKD Suwawa, di PKBM Desa Boludawa, Minggu, (2/6/2024).

Yulianti juga menekankan pentingnya sinergitas & kolaborasi dalam menjalankan setiap tugas pengawasan.

“Momentum pelantikan PKD merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk semakin memperkokoh komitmen, agar dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di kabupaten Bone Bolango khususnya kecamatan suwawa, terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga tercipta pemilihan kepala daerah yang aman, damai & sejuk,” harap Moh. Idward Haq, Ketua Panwascam Suwawa.

Baca Juga |  133 Pelaku Usaha di 6 Desa Wisata, Terjaring Sertifikasi Halal di Banyumas

Idward menekankan besarnya tugas dan tanggung jawab yang diemban anggota PKD, lengkap dengan resikonya.

“Sehingga perlu kehati-hatian dalam menjalankan tugas & tanggung jawab tersebut melalui koordinasi secara berjenjang bila ada temuan/masalah di hadapi tidak mengambil keptusan/kesimpulan sendiri. Pengawas mengawasi bukan untuk mencari kesalahan, tapi memastikan bahwa pemilihan berjalan sesuai aturan,” papar Idward.

Saat diwawancarai terpisah, Kordiv penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa (P3S) Nurafni Utiarahman dan Kordiv hukum, pencegahan, partisipasi masyarakat, dan hubungan masyarakat (HP2H) Frisca Ilolu, berharap PKD melakukan koordinasi dengan stakeholder di kelurahan atau desa masing-masing.

Baca Juga |  Rakorev TPP Bone Bolango Di Integrasikan Family Gathering

“Upayakan pencegahan pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilihan 2024 ini dengan melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua pihak,” ajak Nuarfni Utiarahman.

Nuarafni juga mengharapkan PKD mengajak masyarakat ikut bersama-sama berpartisipasi mengawal pemilihan serentak 2024.

“Sehingga kita bagian dari penyelenggara pemilu dapat mewujudkan Pemilukada yang berintegritas, dan Berkwalitas di Kabupaten Bone Bolango khususnya di kecamatan suwawa,” sambung Frisca.

Kegiatan pelantikan di hadiri oleh Pimpinan Bawaslu Bone Bolango Kordiv penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa, jajaran sekretariat bawaslu, Camat dan sekertaris camat Suwawa. Kapolsek, danramil Suwawa, kepala kantor urusan Agama ( KUA) dan pemerintah desa se kecamatan suwawa.

Berita ini 51 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Stakeholder Sumbar Diharapkan Terus Berkolaborasi Menjaga Lingkungan

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Wacanakan Normalisasi Sungai di Ngarai Sianok

Kabar Daerah

Libatkan Warga Desa Pugaan, Tabalong Kembangkan Benih Ikan Gabus

Kabar Daerah

Pj Bupati Barito Utara Lantik Pj Kepala Desa Muara Wakat

Kabar Daerah

Pemkab Banjar Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa

Kabar Daerah

Bupati Demak Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Kabar Daerah

Kerjasama TNI-Pemda, Ribuan RTLH di Kabupaten Bangka Segera Direhab

Kabar Daerah

6 Posyandu, Awali Gerakan Intervensi Serentak Cegah Stunting di Kulonprogo