Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 18:36 WIB

Pentingnya Peran Aktif Desa Siaga Di Masa Pandemi

014 Harno Ngawi - Penulis

TV Desa News – Ngawi : Desa sebagai sebuah kesatuan masyarakat hukum yang tinggal di suatu wilayah pedesaan, dipandang lebih kuat dan mampu menghadapi Pandemi Coronavirus Desease Covid-19. Keberadaan  Desa Siaga Desa  Karanggupito , Kec Kendal Kab Ngawi  juga dinilai menjadi daya dukung bagi eksistensi desa dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Foto Saat Pembinaan Desa Siaga Karanggupito

Maka di pandang sangat perlu diadakan  pembinaan dari pihak terkait . sepertihalnya yang dilakukan oleh Puskesmas Kendal yang pada Hari ini Selasa 21/09 telah mengadakan Pembinaan Desa Siaga di Desa Karanggupito yang diselenggarakan di Pendopo Wisata Argo Munung .

Nampak hadir Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo S , Kepala Puskesmas Kendal yang di wakili oleh Suradi , Anggota Desa Siaga , Semua Perangkat Desa , Kader Posyandu , serta Tokoh Masyarakat .

Baca Juga |  Alumnus Akpol 93, Gelar Bakti Sosial di Desa Kabupaten Ngawi

Dalam sambutannya Kepala Desa Karanggupito menuturkan ” Guna menghadapi dampak pandemi Covid-19 disemua sektor kehidupan, seperti dampak sosial, budaya, dan juga dampak ekonomi, Desa memang perlu memiliki kekuatan dan eksistensinya yang terbentuk oleh budaya masyarakat desa yang guyup-rukun , bergotong-royong, dan memiliki kepedulian terhadap sesama, serta jiwa kolektifitas masyarakatnya yang kuat . maka sangatlah penting keberadaan Desa Siaga tersebut “. Terang Kades.

Secara kelembagaan, eksistensi Desa Siaga Desa Karanggupito , Kec Kendal Kab Ngawi  ini sudah terbentuk sejak tahun 2017. Jauh hari sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Perannya dalam pembangunan kesehatan di desa Karanggupito cukup dirasakan. Hal itu dapat dilihat dari kepemilikanya Ambulan Desa siaga yang fungsinya untuk Warga masyarakat yang membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan  .

Baca Juga |  Pasar Murah di Desa Banding Kecamatan Rajabasa Diserbu Warga

Suradi dalam sambutanya
Ia memandang, baik secara umum maupun dari sisi upaya penanggulangan Covid-19 di Desa Karanggupito , semua sudah berjalan dengan sangat baik. Bahkan dalam hal peran aktif masyarakat, warga Desa Karanggupito selalu Prokes dan mendukung program pemerintah dalam  penanganan Covid -19 . Pungkas Suradi.

Berita ini 98 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa