Home / Kabar Desa

Selasa, 21 September 2021 - 18:36 WIB

Pentingnya Peran Aktif Desa Siaga Di Masa Pandemi

014 Harno Ngawi - Penulis

TV Desa News – Ngawi : Desa sebagai sebuah kesatuan masyarakat hukum yang tinggal di suatu wilayah pedesaan, dipandang lebih kuat dan mampu menghadapi Pandemi Coronavirus Desease Covid-19. Keberadaan  Desa Siaga Desa  Karanggupito , Kec Kendal Kab Ngawi  juga dinilai menjadi daya dukung bagi eksistensi desa dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Foto Saat Pembinaan Desa Siaga Karanggupito

Maka di pandang sangat perlu diadakan  pembinaan dari pihak terkait . sepertihalnya yang dilakukan oleh Puskesmas Kendal yang pada Hari ini Selasa 21/09 telah mengadakan Pembinaan Desa Siaga di Desa Karanggupito yang diselenggarakan di Pendopo Wisata Argo Munung .

Nampak hadir Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo S , Kepala Puskesmas Kendal yang di wakili oleh Suradi , Anggota Desa Siaga , Semua Perangkat Desa , Kader Posyandu , serta Tokoh Masyarakat .

Baca Juga |  Gebyar Desa 2022 Perdana Dari Wanajaya

Dalam sambutannya Kepala Desa Karanggupito menuturkan ” Guna menghadapi dampak pandemi Covid-19 disemua sektor kehidupan, seperti dampak sosial, budaya, dan juga dampak ekonomi, Desa memang perlu memiliki kekuatan dan eksistensinya yang terbentuk oleh budaya masyarakat desa yang guyup-rukun , bergotong-royong, dan memiliki kepedulian terhadap sesama, serta jiwa kolektifitas masyarakatnya yang kuat . maka sangatlah penting keberadaan Desa Siaga tersebut “. Terang Kades.

Secara kelembagaan, eksistensi Desa Siaga Desa Karanggupito , Kec Kendal Kab Ngawi  ini sudah terbentuk sejak tahun 2017. Jauh hari sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Perannya dalam pembangunan kesehatan di desa Karanggupito cukup dirasakan. Hal itu dapat dilihat dari kepemilikanya Ambulan Desa siaga yang fungsinya untuk Warga masyarakat yang membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan  .

Baca Juga |  Desa Wisata Pandanrejo Disebut Sebagai New Zealand Van Java

Suradi dalam sambutanya
Ia memandang, baik secara umum maupun dari sisi upaya penanggulangan Covid-19 di Desa Karanggupito , semua sudah berjalan dengan sangat baik. Bahkan dalam hal peran aktif masyarakat, warga Desa Karanggupito selalu Prokes dan mendukung program pemerintah dalam  penanganan Covid -19 . Pungkas Suradi.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 98 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi