Home / Opini

Jumat, 28 Juni 2024 - 09:03 WIB

Pentingnya TPQ dan Madarasah di Tengah Masyarakat Desa

Fahrudin - Penulis

Pembelajaran di TPQ desa (Ilustrasi)

Pembelajaran di TPQ desa (Ilustrasi)

TVDesa – Malang : Perlu di ketahui bersama, pendidikan di masyarakat terutama di pedesaan sangatlah penting, pendidikan selain formal juga di butuhkan pendidikan non formal untuk menunjang pemerataan di khalayak umum, salah satu pendidikan yang sangat menunjang adalah TPQ/Madrasah.

TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan Madrasah memiliki peran yang sangat penting di tengah masyarakat desa. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan pentingnya kedua institusi pendidikan ini:

Pendidikan Agama: TPQ dan Madrasah menyediakan pendidikan agama yang mendalam, membantu anak-anak dan remaja memahami ajaran Islam, membaca dan menghafal Al-Qur’an, serta mempelajari hadis, fiqh, dan sejarah Islam.

Baca Juga |  Isolat Protein Berbasis Ikan Untuk Pengembangan Produk Pangan

Pembentukan Akhlak: Kedua lembaga ini berperan dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia berdasarkan nilai-nilai Islam. Mereka mengajarkan etika, moral, dan adab yang baik kepada generasi muda.

Pelestarian Budaya Islam: TPQ dan Madrasah membantu melestarikan tradisi dan budaya Islam di tengah masyarakat. Mereka menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang memperkuat identitas keislaman.

Pendidikan Terjangkau: Di banyak desa, akses ke pendidikan formal bisa terbatas. TPQ dan Madrasah seringkali menyediakan pendidikan yang lebih terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat setempat.

Pusat Kegiatan Sosial: Selain pendidikan, TPQ dan Madrasah sering berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial dan keagamaan, seperti pengajian, peringatan hari besar Islam, dan kegiatan sosial lainnya yang memperkuat ikatan komunitas.

Baca Juga |  Peristiwa Budaya, Bermain Layangan: Mengenang Hari Batik Indonesia, Kemendes PDTT

Mengurangi Buta Huruf Al-Qur’an: Di banyak desa, kemampuan membaca Al-Qur’an masih kurang. TPQ berperan penting dalam mengurangi buta huruf Al-Qur’an dengan menyediakan pendidikan dasar membaca dan menulis huruf Arab.

Pemberdayaan Ekonomi: Beberapa madrasah menyediakan pelatihan keterampilan praktis dan vokasional yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Dengan berbagai peran penting ini, TPQ dan Madrasah menjadi pilar utama dalam mencerdaskan kehidupan beragama dan sosial di tengah masyarakat desa.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Opini

Gamifikasi dalam LMS: Meningkatkan Motivasi dan Engagement Aparatur Desa dalam Pelatihan
Ilustrasi by Ketut Subiyanto | Pexels

Opini

Mengenal Lebih Dekat Metode Baca Cepat dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Berbasis LMS

Opini

Tantangan dan Solusi Membangun Desa Tertinggal Melalui Pendampingan Desa

Opini

Pentingnya Sumur Bor Untuk Kebutuhan Air Desa

Opini

BUM Desa Harus Dikelola Dengan Tatakelola yang Baik

Opini

Bergerak Untuk Ummat, Sahabat Da’i Tompobulu Akan Menggelar Konsolidasi

Opini

Kader Posyandu : Perisai Kesehatan Masyarakat di Tengah Ancaman Penyakit Tidak Menular

Opini

Mandatory Spending Versus Perubahan Kinerja Perangkat Desa