Home / Kabar Daerah

Selasa, 21 September 2021 - 21:10 WIB

Penyusunan Draf Ranperbup Tentang Kewenangan Desa Dalam Pelaksanaan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022

Heriyanto Harmain - Penulis

TV Desa – Bone Bolango: Pada tanggal 16 Agustus 2021, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa telah menerbitkan dan mengeluarkan peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 7 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.  Tiga program Prioritas yang diatur di dalam Permendes Nomor 7, yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional, Program Prioritas Nasional, Mitigasi dan Penanganan Bencana Alam dan Non Alam, sesuai kewenanangan Desa”.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo  mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah. kemudian melaksanakan penyusunan Draf Rancangan Peraturan Bupati Tentang Kewenangan Desa Dalam Pelaksanaan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Kegiatan Pelaksanaan penyusunan Draf Rancangan peraturan Bupati di laksanakan selama 3 hari mulai  hari sabtu 18 sampai dengan Selasa 21 september 2021.  Kegiatan penyusunan draf  Rancangan peraturan Bupati di laksankan di sekertariat Tenaga Ahli Kabupaten dan Dinas PMD kabupaten Bone Bolango.

Baca Juga |  Desa Korporasi Peternak Jadi Cara Kaltim Mandirikan Peternak

Pembahasan Rancangan peraturan Bupati di hadiri oleh unsur perwakilan Pendamping Desa perwakilan Iron, ST, Heriyanto Harmain dan Irwan Daud, S.Pd Tenaga Ahli Kabupaten Asep Nurdin, S.Hut, Ahmad Nanang Kadir, S.Si, M.Pd., Moh. Lasanuddin, SE. dan Amin Abdullah, S.Sos

Sedangkan Unsur Dinas pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kepala Bidang Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan (PDKP) Udin Adam Duda S.Pd. M.Si, kepala seksie Sarana Prasarana Aisyah Dunggio ST, kepala seksi Kawasan Pedesaan dan Kerjasama Desa Muchlisna M. Ali , S.Sos . MM dan kepala seksie Perekonomian Ritnatalis Ngabito SE.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaraka Desa Suleman Panigoro S.Pd saat di wawancara terpisah Dengan Draf Rancangan Peraturan Buapati  yang akan menjadi peraturan Bupati menjadi rujukan Desa dalam melaksanakan kegiatan prioritas Dana desa tahun 2022.

Baca Juga |  Rapat Penanganan Covid-19 di Malang, Ketua Satgas Sampaikan Poin Penting Yang Harus Disiapkan

Draf Rancangan peraturan Bupati selanjutnya akan di ajukan ke bagian Hukum Setda Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Disposi, paraf koordinasi kemudain di undangkan, berita acara hasil Ranperbup, salinan Peraturan Bupati kemudian di sosialisaikan ke seluruh Desa di kabupaten Bone Bolango.

 

Berita ini 191 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Terima Hadiah !! Satlantas Polresta Pati Berikan Layanan Khusus Bagi Fabel

Kabar Daerah

Purnawiyata Wisuda Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Plandaan Tahun pelajaran 2023/2024

Kabar Daerah

Perumda Air Minum Kota Padang Salurkan 89 Hewan Kurban .

Kabar Daerah

Tiga Perempuan Perupa Bersekutu Gelar Pameran Bersama Tiga Sisi

Kabar Daerah

Bersihkan Puing Sisa Kebakaran, Polres Kudus+ Laksanakan Gotong Royong

Kabar Daerah

DPMG: Rp2,68 Triliun Dana Desa 2024 Sudah Tersalurkan di Aceh

Kabar Daerah

PCNU Bone Bolango Segera Luncurkan Pesantren Akhir Pekan

Kabar Daerah

Satlantas Polres Kudus Himbau Pelajar Dalam Giat Police Goes To School