Home / Kabar Desa

Jumat, 10 September 2021 - 14:51 WIB

Peradong Berkah, penjualan Pertamax meningkat

Dwi Aprianto - Penulis

TV Desa – Bangka Barat : BUMDes Peradong Berkah didirikan pada tahun 2017 dengan Unit usaha di Bidang Jual beli, Pelayanan Jasa, Industri Rumah Tangga, Percetakan dan Penjualan Elpiji. ketika dikonfirmasi, Ardianto Direktur BUMDes Peradong Berkah, “sekarang kita merambah di penjualan BBM melalui Pertashop melalui kemitraan dengan pihak Pertamina, ” ujarnya. Jeli melihat potensi serta dukungan oleh pemerintah desa dalam mencari peluang kemitraan. BUMDes Peradong mengembangkan Unit usaha Jual Beli selain Berkah Mart, kini BUMDes juga mengembangkan Pertashop.

Menjajaki kemitraan dengan Pertamina pada Mei 2021, dan terealisasi di bulan Agustus. Kini BUMDes Peradong Berkah mendapati hasil yang menguntungkan dari hasil penjualan Pertamax. Dengan kapasitas tampung 3.000 liter, dapat memenuhi kebutuhan BBM beberapa desa.

Baca Juga |  Pemerintah Desa Nakau, Salurkan BLT DD Tahap Pertama 2023
Unit Usaha Jual Beli Berkah Mart dan Pertashop BUMDes Peradong Berkah
Unit Usaha Jual Beli Berkah Mart dan Pertashop BUMDes Peradong Berkah

 

Imbas aktifitas pertambangan timah semakin tinggi, maka kebutuhan BBM pun meningkat. Ditingkat eceran harga BBM Premium berkisar Rp.9.000,-. Sedangkan Pertalite diharga Rp.10.000,-.  Sedangkan di Pertashop, Pertamax dijual sesuai harga tetap Pertamina yaitu Rp.9.200. Sehingga dapat menekan harga eceran dan memberikan kualitas BBM yang lebih baik.

Masyarakat merasakan manfaat adanya Pertashop di Desa Peradong, tanpa harus antrian di SPBU dengan jarak tempuh 15 km dan tentunya BBM digunakan lebih irit. Dirasakan juga oleh para nelayan, melewati akses Sungai Peradong dengan mudah mendapatkan BBM kelas RON 92. Kini BUMDes Peradong Berkah optimis setelah 1 bulan penjualan 2.000 liter/2 hari, sehingga dapat mengembangkan BUMDes lebih mandiri.

Baca Juga |  Kisah Klasik Bumdesa di Lampung Selatan

Dukungan Pemerintah Desa Peradong, dengan imbas hadirnya Pertashop dapat mendukung kegiatan perekonomian masyarakat dibidang pertanian, perikanan dan pertambangan. Sehingga pendapatan dan daya beli masyarakat meningkat.

Hadirnya BUMDes ini mampu memenuhi kebutuhan BBM masyarakat di Desa Peradong,¬† “Selain memberi manfaat kepada masyarakat, efek hadirnya BUMDES ini dapat menyerap tenaga kerja.” harap Kades Peradong.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 586 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi