Home / Kabar Desa

Kamis, 23 September 2021 - 08:05 WIB

Peran Aktif LMDH Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan

014 Harno Ngawi - Penulis

TV Desa News- Ngawi : Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya, Perum Perhutani Lawu Utara  menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Wana Lestri  Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kab Ngawi  melakukan sosialisasi dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan bertempat di Pendopo Argo Munung Desa Karanggupito Rabu 22/09.

Foto Saat Sosialisasi Kebakaran Hutan Lawu DS Bersama LMDH Mitra Wana Lestari

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Utara Marwoto mewakili Administratur KPH Lawu Ds menyampaikan bahwa kegiatan ini selain dapat meningkatkan hubungan kemitraan kerjasama Perhutanan Sosial juga untuk membangun sinergitas bersama stakeholder dan masyarakat desa hutan. dia juga menambahkan agar masyarakat sekitar hutan bisa semaksimal mungkin memanfaatkan potensi Hutan diantaranya , Hasil sharing Getah pinus dari penyadap , Wisata Alam , dan hasil tanam yang lainya .

Marwoto menghimbau kepada petugas pengamanan hutan dan Satgas Dalkarhutla dan LMDH jika terjadi gangguan keamanan hutan agar secepat mungkin melaporkan kepada pimpinan terdekat, dan selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas, mengutamakan keselamatan kerja dan tetap semangat dalam melaksanakan tugas di lapangan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga |  Pelantikan Ketua TP PKK Desa, Duta Cegah Stunting dan Bunda PAUD Se Kecamatan Selat Penuguan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan agar bisa mengoptimalkan Poskolak dan Posatlak Damkar di masing-masing wilayah LMDH dengan menetapkan lokasi Posko Dalkar yang dekat dengan wilayah hutan,” Terangnya.

Sementara itu dalam arahannya Kepala Desa Karanggupito Bambang Suryo S mengatakan, “Untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran, salah satunya harus menanamkan rasa kepedulian terhadap keberadaan hutan dan kelestarian hutan, terutama bagi masyarakat disekitar hutan dan semua warga masyarakat yang tergabung dalam kelembagaan LMDH termasuk didalamnya semua Penyadap Getah Pinus harus benar- benar peduli dan tanggap akan situasi Hutan sehingga hutan masyarakat sekitar hutan bisa sejahtera. Bukan hanya itu saja dia juga menyampaikan bahwa Hutan disekitar Desa Karanggupito sebenarnya sangat potensi untuk dijadikan Wisata Alam . Sehingga bila hal tersebut bisa terwujut jelas akan menambah Nilai Ekonomis masyarakat Desa Sekitar Hutan ,” ujarnya.

Baca Juga |  Kades Tabuan Asri Lantik Lima Perangkat Desa

Ditempat yang sama Ketua LMDH Mitra Wana Lestari menyampaikan “Mengendalikan atau mencegah kebakaran hutan, bukan hanya tanggung jawab Pak Mandor Pak KRPH ataupun Pak Asper akan tetapi tanggung jawab kita semua. dan menyikapi Tentang Wisata Alam LMDH akan selalu komunikasi bersama Pendes serta Perum Perhutani .,” Pungkas Bambang Harijanto.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 75 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

IMP Nanggalo Gelar Gebyar Kader: Perkuat Peran Kader dalam Penurunan Stunting

Kabar Desa

Likwatang Cup 2024: Lebih dari Sekedar Turnamen Sepak Bola Desa

Kabar Desa

Harga Terbang, Sembako di Pasar Murah Gulinggang Jadi Incaran Warga!

Kabar Desa

Desa Gondosuli Terang Benderang dengan PLTS Besutan Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224