Home / Kabar Desa

Jumat, 8 Oktober 2021 - 08:54 WIB

Percepat Kesejahteraan Masyarakat, Sunyalangu Gandeng Perbankan, Perguruan Tinggi, dan OJK

Sulistiana - Penulis

TV Desa – Banyumas : Pemerintah Desa Sunyalangu berinisiatif melaksanakan kerjasama dengan pihak perbankan, perguruan tinggi dan Otoritas Jasa Keuangan, dalam upaya mempercepat pengembangan agrowisata yang berada dibawah manajemen BUMDes Elsam Sunyalangu.

“Adapun untuk mendukung agrowisata tersebut terdapat produk unggulan berupa budidaya kopi dan gula kelapa yang akan dikelola oleh BUMDes eLSAM, sebagai direktur Aad Fauzi Sahab” jelas Tolchah Mansur, Kepala Desa Sunyalangu, Jum’at (8/10/2021).

Beberapa wilayah yang rencananya akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata Sunyalangu, yaitu Bukit Pule, Bukit Gadog dan Ground Camp Sunyalangu. Menurut pemaparan Tolchah Mansur, membangun Desa Sunyalangu, harus mengedepankan kehati-hati yang sangat tinggi, dan dilakukan dengan pelan, tidak tergesa-gesa. Hal tersebut disebabkan karena masih banyaknya potensi desa yang dapat dikembangkan. Namun sayangnya, potensi tersebut masih belum dapat dikembangkan, lantaran keterbatasan sumber daya manusia yang ahli di bidang pengelolaan potensi tersebut. Selain itu, masih minimnya sumber daya modal dan pengetahuan, turut menjadi faktor yang memperlambat. Untuk itulah kerjasama dengan pihak lain dilaksanakan termasuk dengan perbankan, perguruan tinggi dan juga OJK.

Baca Juga |  Desa Sungai Cingam Ditetapkan Sebagai Kampung Bahari Nusantara TNI AL

“Sumber Daya Pemerintah Desa Sunyalangu terbatas sehingga membutuhkan kerjasama dengan pihak lain yang lebih ahli, ” papar Tolchah.

Mansur mengatakan fokus pembangunan pemerintah desa untuk pembangunan masyarakat yaitu percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat baik dengan pelatihan, pembangunan sarana prasarana pendukung dan lainnya. Ia mengapresiasi karena kegiatan tersebut siap difasilitasi dan didampingi oleh pihak Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Perbankan dan OJK.

Baca Juga |  Sebanyak 249 PTSL Tahun Anggaran 2022 Di Serahkan Kepada Warga Desa Selajambe

“Saya membangun jalan di wilayah Semaya menuju wisata dan lahan pertanian, memang pembangunan tersebut bukan termasuk kegiatan yang populer, namun kegiatan tersebut membantu masyarakat mempermudah akses ke tempat pertanian sehingga hasilnya mudah dijangkau dan mensejahterakan masyarakat, ” ujar Tolchah. (Sulistiana)

Berita ini 127 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

Kabar Desa

Keuchik Cot Mane Bagikan Pupuk Gratis Untuk Petani

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Bentuk Tim RKPDes anggaran 2025

Kabar Desa

LPPM UNAND Berdayakan Masyarakat Kelompok Tani Sukma Jaya dengan Pupuk Organik Ciban