Home / Kabar Daerah

Jumat, 2 September 2022 - 13:54 WIB

Percepatan Penerbitan SKT dan PBB , Bupati Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Bersama dengan Jajarannya

Buyung Tanjung - Penulis

TVDesa News-Simalungun:Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH.MH menggelarrapat koordinasi percepatan penerbitan surat keterangan tanah (SKT) dan pajak bumi dan bangunan (PBB) pedesaan dan perkotaan bersama Camat , Pangulu/PJ Pangulu dan Lurah , Kamis, (1/9/di Gedung MUI Simalungun Jl.Sangnawaluh Kecamatan Siantar, Sumut, Kamis (1/9/2022)

“Kehadiran bapak ibu para pangulu/lurah dan camat dalam rapat ini merupakan bukti kita ikut dan peduli dalam membangun Kabupaten Simalungun, kampung halaman kita ini,”kata Bupati.

“Saya bukan berbicara apa yang saya sedang lakukan, tapi ini berkat kerja sama kita semua, dan hari ini sudah ada beberapa pelayanan publik yang manfaatnya sudah di rasakan langsung oleh masyarakat kita,”kata Bupati

Sebagai contoh, kata Bupati adalah dalam hal pelayanan KTP-el, sudah tidak perlu lagi masyarakat Kecamatan Ujung Padang jauh-jauh menuju Raya untuk melakukan Perekaman dan Pencetakan KTP-el, sudah dapat dilakukan di kantor kecamatan Ujung Padang sendiri.

Kemudian Bupati menyampaikan, dalam hal untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat, dirinya sudah menemui semua Kementrian dan Dirjen Kementrian di pemerintahan pusat.

“Ini saya lakukan supaya setiap program pusat dapat di berikan untuk Simalungun, dan beberapa hari yang lalu saat pertemuan di Pelabuhan Bajo, kita mendapatkan anggaran untuk infrastruktur di kawasan Danau Toba sebesar Rp. 176 milyar di tahun 2023 ini, dan ini tidak gampang harus ada lobi lobi yang kita lakukan agar ini kita dapatkan,”urai Bupati.

Baca Juga |  Polres Kudus Ambil Sumpah Dan Tandatangani Pakta Integritas Penerimaan Tamtama Polri Brimob Dan Polair

Untuk itu, lanjut Bupati, kita sudah sepakat untuk bersama membangun Kabupaten Simalungun. “Mari kita lakukan pengawasan kinerja kita dalam melakukan tugas, mulai dari Camat, Pangulu dan Gamot/kepala dusun. Saya akan lakukan evaluasi dan jika perlu kita akan copot camat yang kinerjanya di bawah rata rata,”tandas Bupati.

Dalam rangka peningkatan kinerja perangkat Nagori, Bupati mengatakan agar dibuatkan perjanjian kinerja dari gamot ke pangulu dan dari pangulu ke camat.

“Perjanjian kinerja ini yang dievaluasi. Artinya para Pangulu bisa menunda memberikan Gaji gamot jika tidak tercapai target kinerjanya,”kata Bupati

Sebelumnya Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Simalungun Frans N Saragih menyampaikan bahwa masih ada sekitar 700.000 meter yang belum terdaftar sebagai objek Pajak PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang sangat Strategis dalam peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah)

Baca Juga |  Pokdarwis Paingan Dapat Anugerah atas Kehadiran Prof Azril Azahari di Sumatera Barat

“Kita akan lakukan penerbitan keterangan tanah secara massal, penyeragaman penerbitan SKT, untuk memberikan kepastian hukum kepada pangulu dan Camat,”kata Frans.

Frans berharap untuk penagihan PBB agar dilakukan secara door to door, dan tidak menerima uang tunai, akan tetapi dengan aplikasi link yang nantinya transaksi itu terekam dalam Aplikasi Pendapatan Daerah.

“Kita sudah siapkan aplikasi untuk melihat optimalisasi Pendapatan sektor PBB. Hadirnya aplikasi diharapkan dapat mengukur kinerja kita semua,”ucap Frans.

Menurut Frans, ada aplikasi Sistem Cek Informasi Tagihan PBB (siCinta) dan di harapkan kehadiran aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang keakuratan pembayaran PBB yang di lakukan masyarakat.

“Kami harapkan para Pangulu/Lurah dan Camat memberikan informasi ini kepada masyarakat nya di tempat tugasnya masing-masing, dengan klik cektagihanpbb.simalungunkab.go.id ,”kata Frans.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan dan Kesra Resman H Saragih, Staf Ahli Bupati bidang Administrasi Umum Wasin Sinaga, Staf ahli Bupati bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Kadis PMPN Jonni Saragih, para Camat, pangulu dan Pj Pangulu se-Kabupaten Simalungun.

Berita ini 137 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri agar Masyarakat Bisa Berlebaran dengan Nyaman*

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih kepada Kemenhub yang Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar*

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

PKS Sumbar Hadir dalam Teleconference, Laporkan Buka 9 Posko Mudik di Sumatra Barat*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Terbitkan Surat Edaran Terkait Pengendalian Sampah Selama Libur Lebaran*