Home / Kabar Desa

Minggu, 22 Agustus 2021 - 00:26 WIB

Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa Nanga Nuar

Dominikus - Penulis

TV Desa News – Kabupaten Kapuas Hulu : Pada hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021 yang lalu, bertempat dihalaman Kantor Desa Nanga Nuar, Pemerintah Desa bersama Anggota BPD, BABINSA Desa Nanga Nuar dan Pendamping Desa Kec. Silat Hilir melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus bagi 65 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam arahannya kepada para penerima manfaat BLT DD ini, Bpk. Abang Aidi Syahpri, Kepala Desa Nanga Nuar menyampaikan bahwa “Penyaluran BLT DD hari ini berbeda dari bulan sebelumnya yang disalurkan secara bulanan, hari ini kami percepat atau dirapel empat bulan sekaligus, untuk bulan mei sampai dengan agustus 2021, ini kami lakukan setelah menerima penyaluran BLT Dana Desa ke Rekening Kas Desa (RKD) untuk lima bulan (mei sd September) beberapa hari yang lalu. Kemudian Ia berpesan agar penggunaan BLT DD ini dimanfaatkan bentul-betul untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ditengah masa pandemi covid 19 ini”.

Baca Juga |  Sambut Ramadan, Masyarakat Nagari Saok Laweh Gelar Tradisi Balaho
Pengarahan Penyaluran BLT DD dari Kepada Desa

Penyaluran BLT ini dimaksudkan untuk merespon cepat atas kebijakan Pemerintah Pusat tentang Optimalisasi dan Percepatan Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Desa Tahun Anggaran 2021, seperti tertuang dalam Surat Edaran Bersama Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan nomor 8/PK/2021 dan Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaaan Kementerian Desa PDTT nomor 02/PDP/2021. Dikatakan disana bahwa dalam rangka pelaksanaan program perlindungan sosial sebagai penyangga daya beli masyarakat yang terdampak pandemi covid 19, melalui Pemberian Langsung Tunai (BLT) Desa, perlu dilakukan percepatan penyaluran BLT Desa dan pencapaian target 8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 pagi sesuai dengan surat undangannya. Setiap KPM yang hadir membawa KTP dan tidak boleh diwakilkan. Penyaluran BLT DD ini menerapkan standar protokol kesehatan dimana KPM diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum menerima uang dan menandatangani daftar terima BLT DD, serta diharuskan langsung pulang ke rumah setelah menerima BLT sesuai anteriannya. Masing-masing KPM menerima 1,2 juta rupiah untuk empat bulan, sehingga total Dana Desa yang disalurkan untuk BLT tersebut berjumlah 78 juta rupiah. Adapun keseluruhan BLT DD yang sudah disalurkan sampai dengan bulan Agustus 2021 oleh Pemerintah Desa Nanga Nuar berjumlah 156 juta rupiah.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 190 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih