Home / Kabar Desa

Minggu, 5 September 2021 - 20:29 WIB

Tengklik Kini Punya Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle

agus - Penulis

TV Desa – Karanganyar : Kepala Desa Tengklik, Paidin didampingi Camat Tawangmangu, Agus Dwitanto S.Sos,M.M, meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (03/09/2021).

Agus Dwitanto S.Sos,M.M, dalam sambutannya mengapresiasi peran serta masyarakat Desa Tengklik yang bekerja bahu-membahu, tidak hanya dalam upaya pembangunan fisik tempat pengolahan sampah, namun juga dalam pembangunan akses jalan menuju tempat pengolahan sampah.

“Harapannya adalah, bangunan TPS 3R ini dapat dikelola dan dipelihara dengan baik sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan dari didirikannya bangun ini dapat tercapai,” tambah Agus Dwitanto.

Baca Juga |  Bangun Partisipasi Masyarakat, Pemdes Tegal Harum Bangun Website Pengaduan PRO-THARUM

“Semoga nantinya TPS 3 R ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dan memberi manfaat yang baik untuk warga masyarakat di Desa Tengklik”, harap Paidin, Kepala Desa Tengklik, dalam peresmian TPS 3 R pengelolaan sampah di Desa Tengklik

Pemerintahan desa tengklik melalui BUMDesnya mengolah sampah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. Pembangunan TPS 3R yang menggunakan dana Desa tahun anggaran 2020 dan dilanjutkan di tahun anggaran 2021 ini, nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pupuk organik dilingkungan sekitar Desa Tengklik. Unit usaha ini juga didukung dengan program Sampah selesai di Desa, dimana  sampah organik yang sudah dipilah kemudian diolah dengan metode composting bin yaitu pengolahan sampah organik dengan memanfaatkan Maggot BSF (Black Soldier Fly). Di masa mendatang, usaha pengolahan limbah rumah tangga ini akan dikembangkan lebih luas dan kompleks. Jika saat ini hasilnya sudah dapat dimanfaatkan untuk pupuk kompos, maka kedepan, fasilitas ramah lingkungan ini diproyeksikan mampu mengolah sampah organik menjadi tambahan pakan ternak, urban farming. Tidak menutup kemungkinan, di masa mendatang, juga mampu memproduksi biogas dari bahan baku limbah rumah tangga organik.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 200 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi