Home / Kabar Daerah

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:25 WIB

Pertengahan 2024, Mojokerto Miliki 299 Desa Berstatus Mandiri

@ADMIN 1 - Penulis

Penyerahan penghargaan Desa Mandiri oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Pendopo Graha Maja Tama, pada 28 November 2023 silam. (Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto)

Penyerahan penghargaan Desa Mandiri oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Pendopo Graha Maja Tama, pada 28 November 2023 silam. (Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto)

TVDesa – Mojokerto : Sebanyak 299 desa yang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto, tepat di pertengahan tahun 2024 ini resmi menyandang status desa mandiri.

“Hasil berita acara yang terbaru, untuk desa di Kabupaten Mojokerto sudah mandiri semua. Desa tersebut mampu mewujudkan dan mengenal serta mengelola potensinya masing-masing,’’ ungkap Hadi Siswoyo, Kabid Penataan dan Kerja Sama Desa DPMD Kabupaten Mojokerto, kemarin (20/6).

Setelah 219 desa berstatus mandiri di tahun 2023, di tahun 2024 ini, Kabupaten Mojokerto menambah 80 desa lagi yang menyandang status mandiri, setelah puluhan desa tersebut berhasil melakukan pemutakhiran indeks desa membangun (IDM).

Baca Juga |  BPS Barito Utara Akan Laksanakan Pendataan Potensi Desa 2024

Keunggulan desa maju menjadi desa mandiri, menurut Hadi, ada pada realisasi alokasi dana desa (DD). Jika sebelumnya disalurkan dalam tiga tahap, kini cukup dua tahap.

“Desa mandiri juga dapat terlibat dalam program desa berdaya dari Pemprov Jatim. Yang pasti, status desa mandiri juga ada pengaruhnya dengan perolehan DD setiap tahunnya, karena status itu menjadi salah satu tolak ukur juga sebagai penentu,’’ tegas Hadi Siswoyo.

Hadi menegaskan desa mandiri atau desa madya itu desa yang memiliki IDM lebih besar dari 0,8155, sementara desa maju ada IDM-nya ada di angka 0,7072.

Sesuai data, 80 desa yang baru menjadi desa mandiri ini terbanyak di Kecamatan Jatirejo. Meliputi, Desa Tawangrejo, Desa Rejosari, Desa Jembul, Desa Manting, Desa Sumberjati, Desa Lebakjabung, Bleberan, Sumberagung dan Baureno.

Baca Juga |  Ini, Tantangan Berat Aparatur Desa Wujudkan Desa Mandiri

Kemudian di Kecamatan Mojoanyar ada Desa Ngarjo, Desa Wunut dan Desa Kwedenkembar. Disusul Desa Madureso dan Desa Temuireng di Kecamatan Dawarblandong.

’’Jadi, target Ibu Bupati di 2024 sudah terselesaikan menjadikan seluruh desa di Kabupaten Mojokerto menjadi desa mandiri. Sudah dikirim dan diusulkan ke Kementerian Desa PDTT,’’ pungkas Hadi Siswoyo.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Kabar Daerah

UMKM Desa Plosokerep Naik Kelas dengan Digital Marketing dan Marketplace

Kabar Daerah

Limau Matubu Juarai Marikurubu Cup 2, Taufik Madjid: “Kita Punya Potensi Liga Desa di Maluku Utara!”

Kabar Daerah

Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Desa: Kapuas Luncurkan Sistem CMS

Kabar Daerah

Hidupkan Kembali Rumah Siti Nurbaya di Depok: Ruang Berkomunitas Budaya Minang

Kabar Daerah

Kepri Bersinar: 57 Desa/Kelurahan Bebas Narkoba

Kabar Daerah

30 Desa di Lembata, Jadi Ajang Mahasiswa Berdaya untuk Kedaulatan Pangan

Kabar Daerah

Semarak Milad IPM Ke-63, PD IPM Kudus Gelar Berbagai Acara Kreatif