Home / Kabar Desa

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 00:25 WIB

Pesona Wisata Bukit Trianggulasi, Surga Pencinta Swafoto Berburu Sunrise dan Sunset

M Bagus Pamuji - Penulis

TV Desa – Pekalongan : Pekalongan memiliki keanekaragaman wisata alam yang memukau bahkan juga disukai oleh turis asing. Bukan hanya terkenal dengan Batik-nya, tetapi Pekalongan mulai dilirik dengan potensi wisata alamnya. Bukit Trianggulasi salah satunya.

Jika Anda Berwisata ke Pekalongan, salah satu destinasi yang harus dikunjungi adalah Bukit Trianggulasi. Wisata Bukit Trianggulasi ini terletak di Desa Sawangan, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

Wisata Bukit Trianggulasi menawarkan keindahan alam yang menyejukkan mata. Menyuguhkan sunrise di pagi hari dan sunset saat menjelang petang yang banyaak di buru kawula muda.

Selain itu, Desa Sawangan memiliki daya tarik wisata lainnya yaitu, situs religi, budaya, makanan khas yaitu kue srabi, buah jambu dan kesenian kosidah marawis serta kuntul/pencak silat, sehingga Desa Wisata Bukit Trianggulasi mempunyai beberapa paket kegiatan wisata yang berbasis pada pemanfaatan kearifan lokal yang dimiliki tersebut.

Baca Juga |  KKN Tematik Unhas Gagas “Kampung Branding” di Desa Tompobulu

Nama trianggulasi sendiri diambil dari situs peninggalan Belanda berupa tugu yang berada di Kawasan Bukit Trianggulasi. Keberadaan peninggalan Belanda ini yang secara fisik sudah tidak berbentuk tentap menjadi nilai tambah sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Tim Media Kementerian Desa PDTT saat berkunjung ke lokasi menyampaikan kekagumannya atas keindahan alam di Bukit Trianggulasi.

“Ini sangat bagus sekali, tinggal dipoles sedikit saja akan menjadi wisata yang viral. Ini kalo di Bandung pasti sudah ramai dikunjungi wisatawan” ungkapnya.

Sementara itu Mukhamad Ali, selaku Kepala Desa Sawangan menjelaskan, wisata Bukit Trianggulasi memang masih terus berbenah demi kenyamanan wisatawan. Namun, satu yang pasti, menurut Ali, Bukit Trianggulasi menawarkan keasrian Alam yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung.

 

“Di puncak Bukit ini kita bisa melihat suasana yang indah diseluruh penjuru. Sedangkan pada malam hari bertabur bintang,” tutur Ali.

Baca Juga |  PAUD Desa Sidorejo Syukuran HUT ke 4 Dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

Selain keindahan malam bertabur bintang, Ali mengatakan, wisatawan biasanya menanti matahari terbenam atau sunset dan matahari terbit atau sunrise. “Keindahan matahari terbit dan terbenam sangat indah di atas Bukit Trianggulasi ini,” katanya.

Karenanya, biasanya sebelum wabah corona datang setiap malam minggu atau liburan, ada wisatawan yang berkemah. Biasanya mereka akan pulang setelah melihat dan mengabadikan momen matahari terbit.

 

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 843 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal

Kabar Desa

7 Mahasiswa Unimor Berbakti di Desa Oetulu, Gebyar Program Desa Mandiri

Kabar Desa

Ziarah Makam Para Kepala Desa Warnai Hari Jadi Desa Ciparigi ke-224

Kabar Desa

Babinsa Dampingi Petani Kembangkan Sorgum di Subak Gede, Seririt

Kabar Desa

Dorong Perekonomian Petani, Desa Pasar Ipuh Bagikan Alsintan dan Hewan Ternak

Kabar Desa

Penetapan Batas Desa di Kecamatan Sebangki: Upaya Ciptakan Keteraturan dan Kepastian Hukum

Kabar Desa

Gotong Royong Semarakkan Masjid Jami’ur Rahman Desa Pangkalan Sulampi