Home / Kabar Desa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 09:52 WIB

Petani Desa Brangol Lakukan Gropyokan dan Pengasapan Hama Tikus

023 Basuki Abbas - Penulis

TV Desa – Ngawi : Ratusan ekor hama tikus berhasil dibasmi dalam gerakan Gropyokan dan pengasapan di area pertanian padi di Dusun Puntuk Desa Brangol, Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, Minggu (15/08/21)pagi.

Lebih dari 40 petani yang tergabung dalam Gapoktan Sido Mukti Desa Brangol melaksanakan grobyokan untuk memburu hama tikus yang bersembunyi di sarangnya di pematang sawah dan dermaga saluran irigasi di lahan pertanian yang mencapai puluhan hektare.

Terdapat ratusan lubang tikus yang menjadi sarang organisme pengganggu tumbuhan yang dibongkar para petani tersebut. Alhasil di setiap lubang yang menjadi sarang hama tikus itu terdapat tikus yang bersembunyi antara satu sampai tiga ekor, bahkan lebih dari itu.

Baca Juga |  Senam Sehat Bermartabat di Rooftop Ala Desa Kedokanagung

Untuk memastikan hama tikus itu bersarang di lubangnya, para petani lebih awal melakukan pengasapan dengan menggunakan alat emposan pada lubang tempat bersarangnya hama tikus tersebut. Setelah dilakukan pengemposan, lalu dibongkar dan tikus pun tak lama kemudian langsung mati.

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE. mengatakan, gerakan gropyok tikus dan pengasapan ini dalam upaya mengurangi serangan hama tikus pada lahan pertanian padi di Desa Brangol.

“Sebenarnya, tanaman pertanian padi itu terancam serangan hama tikus itu dari mulai masa penyemaian sampai masa tanam hingga panen. Bahkan disaat sudah panen, gabah kering giling yang sudah berada di gudang pun bisa menjadi sasaran hama tikus,” ungkapnya.

Baca Juga |  Tiga Calon Kepala Desa Wiau Lapi Siap Bertarung

Pengurus Gapoktan Sido Makmur, Joko Murdani di lokasi gropyokan menyatakan, serangan hama tikus ini sudah terjadi sejak satu sampai dua Minggu ini.

“Saat ini usia tanaman padi dari mulai usia 1 hari sampai 10 hari. Kita mengendalikan hama tikus sudah dilakukan sejak dari persemaian.” katanya

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 65 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih