Home / Kabar Desa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 09:52 WIB

Petani Desa Brangol Lakukan Gropyokan dan Pengasapan Hama Tikus

023 Basuki Abbas - Penulis

TV Desa – Ngawi : Ratusan ekor hama tikus berhasil dibasmi dalam gerakan Gropyokan dan pengasapan di area pertanian padi di Dusun Puntuk Desa Brangol, Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, Minggu (15/08/21)pagi.

Lebih dari 40 petani yang tergabung dalam Gapoktan Sido Mukti Desa Brangol melaksanakan grobyokan untuk memburu hama tikus yang bersembunyi di sarangnya di pematang sawah dan dermaga saluran irigasi di lahan pertanian yang mencapai puluhan hektare.

Terdapat ratusan lubang tikus yang menjadi sarang organisme pengganggu tumbuhan yang dibongkar para petani tersebut. Alhasil di setiap lubang yang menjadi sarang hama tikus itu terdapat tikus yang bersembunyi antara satu sampai tiga ekor, bahkan lebih dari itu.

Baca Juga |  Tanam Seratus Pohon, Bukit Jaya Peringati Hari Desa Asri

Untuk memastikan hama tikus itu bersarang di lubangnya, para petani lebih awal melakukan pengasapan dengan menggunakan alat emposan pada lubang tempat bersarangnya hama tikus tersebut. Setelah dilakukan pengemposan, lalu dibongkar dan tikus pun tak lama kemudian langsung mati.

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE. mengatakan, gerakan gropyok tikus dan pengasapan ini dalam upaya mengurangi serangan hama tikus pada lahan pertanian padi di Desa Brangol.

“Sebenarnya, tanaman pertanian padi itu terancam serangan hama tikus itu dari mulai masa penyemaian sampai masa tanam hingga panen. Bahkan disaat sudah panen, gabah kering giling yang sudah berada di gudang pun bisa menjadi sasaran hama tikus,” ungkapnya.

Baca Juga |  Ngargogondo, Libatkan Investasi Warga Desa Sendiri 

Pengurus Gapoktan Sido Makmur, Joko Murdani di lokasi gropyokan menyatakan, serangan hama tikus ini sudah terjadi sejak satu sampai dua Minggu ini.

“Saat ini usia tanaman padi dari mulai usia 1 hari sampai 10 hari. Kita mengendalikan hama tikus sudah dilakukan sejak dari persemaian.” katanya

Berita ini 64 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa