Home / Kabar Daerah

Sabtu, 6 Juli 2024 - 01:26 WIB

Petani di Kampung Menteri Pertanian Curhat ke Presiden

024 HARDI MAHENDRAH - Penulis

Presiden Jokowi bersama petani di Kabupaten Bone (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat)

Presiden Jokowi bersama petani di Kabupaten Bone (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat)

TV Desa – Bone : Sejumlah petani di Kabupaten Bone curhat ke Presiden Joko Widodo. Moment tersebut terjadi saat presiden melakukan kunjungan kerja di kampung kalaman Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Kamis (4/7/2024).

Salah satu persoalan yang disampaikan petani kepada presiden, adalah kebutuhan mesin pompa air disaat musim kemarau. “Kami harus menunggu hujan untuk bisa bertani di sawah. Ini kan sawah tinggi daratannya,” jelas Isal, petani di Desa Jalling Kecamatan Awampone, sebagaimana dilansir di akun twitter @kangdede78.

“Kalau ada pompa cepat teratasi airnya, kalau kekurangan kayak kemarau,” tambah petani lain, Andi Mus Mulyadi. Ia menyebut, ada perbedaan signifikan penggunaan irigasi pompanisasi terhadap produktifitas lahan. Jika hanya mengandalkan musim hujan, bercocok tanam padi menurut Andi Mus, hanya bisa dilakukan sekali setahun. Sementara dengan pompanisasi, indeks pertanaman dapat dilakukan tiga kali setahun.

Baca Juga |  Bansos Tepat Sasaran, Sekda Sumbar : Perlu Validitas Data Sosial Ekonomi Keluarga

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi, atas bantuan 300 unit mesin pompa air, dari pemerintah melalui Kementerian Pertanian di Desa Jalling. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa didatangi Pak Presiden. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya,” tutur Andi Mus.

Selain bertemu dengan petani, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana dalam kunjungan kerjanya ke kampung halaman mantan Wapres ke-10 dan ke-12 Yusuf Kalla, juga blusukan ke Pasar Sentral Palakka Watampone. Beliau didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri PUPR Basuki Mudjono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh bersama Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan, Pj Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH. dan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bone bersama Forkopimda.

Baca Juga |  Cegah Stunting di Magelang, Mahasiswa UNNES Dampingi Calon Pengantin Gunakan Aplikasi ELSIMIL

Selain mengecek harga kebutuhan pokok, presiden bersama Ibu Iriana juga membeli sejumlah dagangan warga. Diantaranya, kacang disko dan kacang goyang. Selain itu, Joko Widodo juga melayani permintaan swa foto dengan warga, yang sudah menunggu sejak pagi hari.

Dari Kabupaten Bone, presiden bersama rombongan, melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Sinjai menggunakan Heli Super Puma milik TNI AU.(hm)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 28 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah

Kabar Daerah

Ngopi Literasi: Membaca Dan Menulis Sama Pentingnya

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024