Home / Kabar Desa

Jumat, 10 September 2021 - 22:28 WIB

Pilkades Serentak Di Jeneponto, Berharap Terbaik Tanpa Cacat

Agus Rani - Penulis

TV Desa – Jeneponto : Eskalasi politik di Bumi Turatae Jeneponto jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak mulai meningkat. Meski hanya pesta demokrasi skala desa, namun intrik-intrik dalam Pilkades di sentra penghasil garam ini tak kalah serunya dibanding pemilihan umum.

Jika tidak ada aral melintang, Pilkades serentak di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan akan dihelat 15 November mendatang. Melihat banyaknya calon kepala desa yang ingin mengadu peruntungan, dapat dipastikan Pilkades serentak tersebut bakal berlangsung seru.

Di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, misalnya, santer disebut akan ada 5 (lima) calon ikut bertarung. Termasuk petahana. Namun hingga berita ini diturunkan, baru dua calon yang mendaftar secara resmi.

Baca Juga |  Vaksinasi Dosis Kedua Bagi Masyarakat Umum Desa Karanggupito Kembali Dilaksanakan.

Seiring meningkatnya tensi politik, potensi konflik pada hari H dan pasca pemungutan suara patut diwaspadai pihak penyelenggara. Hal ini diakui Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Bangkala, Baso N, S.Sos. Karena itu, ia mewanti-wanti Panitia Pemilikan Kepala Desa (PPKD) agar bekerja sesuai prosedur.

“Semua tahapan harus dilakukan secara terbuka dan selalu mengacu pada peraturan daerah maupun peraturan bupati,” tegasnya saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di aula Kantor Desa Punagaya, Kamis (9/9/2021).

Menurut Baso, sebelum tahapan dimulai, Pemerintah Kabupaten Jeneponto telah menerbitkan dua aturan terkait Pilkades. Masing-masing Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2021 serta Peraturan Bupati No 32 Tahun 2021.

Baca Juga |  BPS Flotim Gelar Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek di Desa Adobala

Menanggapi penegasan tersebut, Ketua PPKD Desa Punagaya, Sulaeman, menyatakan, dalam mengawal pemilihan kepala desa pihaknya senantiasa berlaku adil, jujur dan netral. “Kami selalu berusaha agar pelaksanaan Pilkades di Punagaya nanti, berhasil dengan baik dan tidak cacat hukum” katanya.

Dalam rapat pleno yang dihadiri ketua dan anggota BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, seluruh bakal calon serta perwakilan tokoh masyarakat tersebut, PPKD Desa Punagaya menetapkan DPT sebanyak 3.270 orang. Nantinya wajib pilih ini akan menyalurkan hak suaranya di 7 (tujuh) TPS yang tersebar di 6 (enam) dusun dalam wilayah Punagaya.***

Berita ini 82 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024