Home / Kabar Desa

Senin, 16 Agustus 2021 - 15:53 WIB

PKT Dana Desa Solusi menambah Income Warga Desa Mentaos

026 Mochamad Lukman - Penulis

TV Desa-Jombang : Pemerintah Desa Mentaos,Kecamatan Gudo,Kabupaten Jombang pagi ini melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa yang anggaranya bersumber dari Dana Desa.Jenis pekerjaan yang di laksanakan ini adalah pembersihan saluran Drainase yang berada di lahan pertanian Desa Mentaos .

Kepala Desa Mentaos “M.Soleh saat di temui kontributor TV Desa News Menuturkan,Kenapa kegiatan PKTD ini di laksanakan saat ini,Di masa masa ini warga Desa Kami  yang terdampak karena Pandemi ini banyak ,lebih lebih dengan pemberlakuan PPKM level 4 banyak warga yang mestinya bisa berjualan di pasar  sementara berhenti,banyak karyawan yang di liburkan sementara ataupun yang lainya,sehingga kami berfikir bagaimana memperkerjakan mereka,akhirnya kami putuskan untuk melaksanakan Padat Karya Tunai Desa(PKTD) dengan menormalisasikan kembali saluran drainase di desa kami.

Baca Juga |  Desa Rasi Laksanakan Rembuk Stunting

Lebih lanjut M.Soleh mengatakan ,Saya sangat berterimakasih sekali kepada Gus Mentri karena dengan di tuangkanya peraturan mentri Desa Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa yang diantaranya pelaksanaan Padat Karya Tunai (PKTD) ini sangat bisa kami rasakan bagaimana kami bisa membantu warga untuk memperoleh penghasilan sekaligus memberdayakan warga dalam pembangunan di Desa.

Baca Juga |  Sebelum Realisasi, Desa Harus Pahami Regulasi BLT-DD

Lebih dari 25 orang mengikuti pelaksanaan PKTD ini dan mereka rata rata warga yang terdampak dari pandemi covid-19,warga miskin,warga yang menganggur maupun setengah menganggur yang berada di desa mentaos.

Manfaat lain dalam pelaksanaan PKTD dengan kegiatan Normalisasi saluran drainase ini adalah  ,Lancarnya aliran air di saluran drainase ,sehingga lebih dari 20 ha lahan pertanian  di desa Mentaos bisa di aliri air guna di manfaatkan untuk bercocok tanam para petani.

 

Berita ini 122 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa