Home / Kabar Daerah

Senin, 12 Juni 2023 - 12:53 WIB

Polres Kudus Gelar Pangamanan Pilkades Serentak

Olivia Maharani - Penulis

TV Desa – KUDUS : Polres Kudus Polda Jateng menggelar Apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di Kabupaten Kudus yang berlangsung di Lapangan Polres Kudus, Senin (12/6/2023) pagi tadi.

Tiga Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak yakni, Desa Golantepus, Desa Getasrabi dan Desa Janggalan yang akan dilaksanakan pada Selasa, 13 Juni 2023.

Dalam amanatnya Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan, apel pergeseran ini untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara sehingga Pilkades serentak dapat terselenggara dengan aman, damai dan kondusif.

“Anggota harus mengamati beberapa potensi yang akan terjadi seperti pertentangan antara masing-masing pendukung team sukses dari setiap calon Kades. Untuk mengatisipasi adanya potensi konflik, Polres Kudus di bantu BKO Brimob Polda Jateng,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto.

Baca Juga |  Digelar Serentak Pilkades Sidoarjo di 84 Desa Berjalan Aman, Lancar dan Kondusif

Lanjut Kapolres, Polri menjamin keamanan dan keselamatan untuk menentukan hak pilihnya pada tanggal 13 Juni 2023 nanti tanpa adanya intimidasi dan intervensi dari pihak manapun. Selain itu, Polres Kudus telah membentuk satgas tindak khusus untuk memantau dan mengantisipasi adanya botoh perjudian dalam Pilkades Serentak nanti.

“Untuk mengantisipasi adanya botoh perjudian di Pilkades, Telah kami bentuk Satgas Tindak Khusus. Bila ditemukan adanya perjudian akan kami tindak dengan tegas. Saya harap semoga Pilkades nanti dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, untuk pengamanan Pilkades serentak di tiga Desa Kabupaten Kudus, pihaknya menerjunkan 301 personel gabungan. Ratusan personel gabungan itu di sebar untuk pengamanan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan kerusuhan dalam pelaksanaan Pilkades serentak, Polres Kudus telah melakukan mamping wilayah.

Baca Juga |  Presiden Jokowi Lepas Eksport Perdana Smelter Grade Alumina

“Kami berpesan kepada personel gabungan dalam pengamanan Pilkades serentak untuk mengedepankan pelayanan yang humanis kepada masyarakat,” jelas AKBP Dydit Dwi Susanto.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres mengajak seluruh personel pengamanan untuk melaksanakan tugas dengan semangat, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab serta tetapmemperhatikan SOP dalam setiap tindakan di TPS. Ia juga menekankan agar mengedepankan netralitas selama jalannya Pilkades serentak.

Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih kepada Kemenhub yang Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar*

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

PKS Sumbar Hadir dalam Teleconference, Laporkan Buka 9 Posko Mudik di Sumatra Barat*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Terbitkan Surat Edaran Terkait Pengendalian Sampah Selama Libur Lebaran*

Kabar Daerah

Anggota Pramuka Kwarran Purwokerto Selatan Bantu Korban Kecelakaan