Home / Kabar Daerah

Kamis, 26 Agustus 2021 - 16:43 WIB

Poltek KP Pariaman Wujudkan Pengabdian Masyarakat di Nagari Guguak Kuranji Hilir

Ali Akbar - Penulis

TV Desa – Padang Pariaman : Tridharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9).

Maka Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman – Poltek KP Pariaman sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu  dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat yang ada di Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Acara pengabdian kepada masyarakat oleh Poltek KP Pariaman berupa serah terima bantuan kepada Kelompok Nelayan dan Kelompok Pembudidaya Ikan – Pokdakan ini diselenggarakan di aula Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir pada hari Kamis, 26/08/2021 dimulai sejak pukul 10.00 – 11.15 WIB.

Program Studi – Prodi  yang terlibat dalam agenda tersebut adalah Prodi Perikanan Tangkap (PTK), Prodi Permesinan Kapal (PMK) dan Prodi Usaha Budidaya Ikan (UBDI).

Bantuan berupa 9 paket lengkap peralatan tangkap ikan kepada 9 orang nelayan tergabung dalam Kelompok Nelayan “Mutiara Laut” diketuai oleh Irfianto di Korong Siguruang Kampuang Paneh dan 2 paket lengkap kepada Pokdakan Ikan Gariang di Korong Kampung Pisang dan Korong Sarang Alang yang diketuai oleh Asrizon.

Baca Juga |  Belasan Mahasiswa Asing di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Ikuti International Culinary Festival

Hadir dalam acara ini diantaranya: Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman (mewakili) – Handri Yarsil, Camat Sungai Limau (mewakili) – Rabiati, Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir – M. Sahur berikut staf, Koordinator Penyuluh Perikanan – Syafruddin,  PPL Perikanan – Muslim, 6 orang Wali Korong, Ninik Mamak Labai Urman, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, pemuda/i serta masyarakat.

Sedangkan dari pihak Poltek KP Pariaman dihadiri oleh: Harisjon, S.Pi., M.Si – Penanggungjawab Program Desa Inovasi, Ir. Nazran, MM – Ketua LPPM, dan Armidianto, M.Si – Kapusat Bina Taruna., Defra Monica M.Si – Ketua Tim Penelitian, Ulfauza S.Pi., M.Cio – Kepala Humas/ Publikasi dan Informasi dan Syofriani M.Si serta mahasiswa Poltek KP Pariaman.

Wali Nagari M. Sahur dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Atas nama warga masyarakat Nagari Guguak Kuranji Hilir kami sangat senang dan bahagia menerima bantuan yang diserahkan oleh Poltek KP Pariaman dan dengan ini kami ucapkan terima kasih. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh warga yang menerima dengan baik.”

Sementara itu, Harisjon mengungkapkan kepada peserta yang hadir bahwa terpilihnya Nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai Desa Inovasi sudah melalui proses yang sesuai denga prosedur. Mulai dari tahap seleksi pada bulan Januari 2021 kemudian penetapan desa/ nagari yang terpilih pada tanggal 5 Maret 2021.

Baca Juga |  Nagari Guranjhil Sungai Limau Terus Menggeliat

“Selanjutnya dilakukan penelitian pada bulan Mei – Juli 2021 serta sekarang merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Nelayan serta Kelompok Pembudidaya Ikan Gariang agar kelak diharapkan dapat mandiri serta menularkan ilmunya kepada warga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan serupa,” pungkas Harisjon.

Tak lupa pula acara ini diselenggarakan dengan prokes yang ketat dengan mencuci tangan dan memakai masker.

Berita ini 279 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Iven Pacu Kuda Payakumbuh Lebaran Cup 2024 yang Digelar Gratis Saat Momen Idul Fithri*

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pantau Posko Terpadu Lebaran di Lima Puluh Kota, Alat Berat Standby di Beberapa Titik

Kabar Daerah

HJK ke-183, Gubernur Mahyeldi Yakin Lima Puluh Kota Bisa Jadi Pusat Perekonomian di Utara Sumbar

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*