Home / Kabar Daerah

Senin, 27 September 2021 - 15:37 WIB

Posisi strategis BKAD Kecamatan Brebes

Toto Pranoto - Penulis

TV Desa – Brebes :

Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah adalah organisasi yang mempunyai posisi strategis, sebagai wadah kerjasama antar Desa. BKAD Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin, 27/9/2021, mengadakan koordinasi bersama Paguyuban Kepala Desa “Palu Besi” Kecamatan Brebes, Kasie PMD, Kasie Pemerintahan, dan Pendamping Desa.

Ketua BKAD Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah,BPK. H. Afan Setiono, SE, menyampaikan, bahwa rencana kegiatan BKAD jangka pendek, yaitu mengadakan pelatihan dan Bintek. Beberapa usulan yang muncul dalam rapat koordinasi ini adalah Pelatihan dan bintek, yang meliputi : (1).Penyuluhan hukum; (2). Pelatihan untuk Pengurus BumDes; (3).Pelatihan pendataan dan pengelolaan data IDM dan SDGs Desa; (4). Sosialisasi Penanganan Stunting.

Baca Juga |  Dinsos Kab Sukoharjo Adakan Sosialisasi Dan Bimtek Data Terpadu Jateng Tahun 2022

Dalam pembahasan mengenai pelatihan dan Bintek, yang meliputi: (1).Penyuluhan hukum untuk Kepala Desa, rencana yang mengikuti : Kades, Sekdes, Ketua BPD, Opsis; (2). Pelatihan untuk Pengurus BumDes,direncanakan mengundang Kades, Direktur Bumdes, Sekretaris BumDes; (3).Pelatihan pendataan dan pengelolaan data IDM dan SDGs Desa, direncanakan menghadirkan Operator SID; (4). Sosialisasi Penanganan Stunting, rencana yang mengikuti kegiatan adalah Bidan Desa dan Kader Pemberdayaan Masyarakat ( KPM ). Demikian keterangan lanjutan yang disampaikan oleh ketua BKAD Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga |  Juarsah Siagian, SE, Akan Usulkan Bimtek BPD Ke Komisi I DPRD Simalungun

Kita tengok kebelakang mengenai kerangka yuridis kerjasama desa, diantaranya adalah: Permendagri Nomor 114 Tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Desa; Permendagri Nomor 44 Tahun 2016, tentang Kewenangan Desa; Permendes Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembangunan Kawasan Pedesaan; Permendagri Nomor 96 Tahun 2017 tentang Tata cara kerjasama desa dibidang pemerintahan desa.

Berita ini 89 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*

Kabar Daerah

Resmikan Mushala, Edotel, dan Teaching Factory SMK 3 Padang, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Pelajar*