Home / Kabar Desa

Jumat, 10 September 2021 - 17:29 WIB

Posyandu Balita Desa Brangol di Masa Pandemi Covid-19 Tetap Berjalan

023 Basuki Abbas - Penulis

TV Desa – Ngawi : Disaat pandemi covid 19 yang belum berakhir dan adanya penurunan PPKM ke level 3 di Kabupaten Ngawi, Posyandu Mawar Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati tetap melaksanakan kegiatan Posyandu balita dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak kepada siapapun yang hadir di Posyandu,  Jum’at (10/09/21).

Kegiatan Posyandu Balita merupakan jenis pelayanan kepada anak usia 0 (nol) bulan sampai dengan 5 (lima) tahun berupa penimbangan, pengukuran tinggi badan, dan lingkar kepala. Posyandu balita dilakukan untuk memantau pertumbuhan balita. Hasil dari penimbangan kemudian dicatat di dalam KMS Balita, sehingga dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Setelah balita mendapatkan pelayanan kesehatan kader dan bidan desa, balita akan diberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau, buah-buahan, makanan bergizi dan vitamin.

PMT Posyandu Mawar Dusun Puntuk, Desa Brangol

KMS merupakan Kartu Menuju Sehat yang digunakan untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat grafik perkembangan berat badan anak dari bulan ke bulan yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu.

Baca Juga |  Musdes dan Musrenbangdes Khusus Perubahan RKP Desa TA 2021 Desa Brangol

Pemeriksaan rutin kepada anak dan balita di bawah usia 5 tahun penting dilakukan karena untuk memantau kesehatan ibu dan anak, mengetahui apakah balita tumbuh sehat, mencegah gangguan pertumbuhan balita dan ibu akan memperoleh penyuluhan gizi pertumbuhan balita. Selain itu, pihak Posyandu juga dapat segera merujuk anak ke Puskesmas jika mengalami sakit demam, batuk, pilek dan diare, atau saat berat badan anak tidak naik dan berada di bawah garis merah.

Balita asyik bermain dalam kegiatan Posyamdu

Untuk itu Kegiatan Posyandu Balita di Dusun Puntuk Desa Brangol tetap rutin dilaksanakan setiap bulan setiap tanggal 10 (sepuluh) yang bertempat di rumah Kepala Desa. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader dan Bidan desa serta bekerjasama dengan Puskesmas Karangjati . Adapun kegiatan Posyandu anak dan balita di Desa Brangol mendapatkan 5 pelayanan kesehatan utama yaitu:

Baca Juga |  Terpilih Aklamasi, Rama Siap Bersinergi

• Kesehatan Ibu dan Anak
• Keluarga Berencana (KB)
• Imunisasi
• Gizi
• Pencegahan dan Penanggulangan Diare

Pemerintah Desa Brangol mempunyai tanggung jawab terhadap warga masyarakat termasuk anak dan balita untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, oleh karena itu koordinasi Kader, RT/RW, Perangkat Desa, Kepala Desa dan Tokoh masyarakat terkait sasaran anak dan pelayanan kesehatan rutin dalam situasi pandemi COVID-19 tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Semoga dengan adanya kegiatan posyandu balita ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengetahui perkembangan balita guna membangun generasi penerus yang sehat.

Berita ini 2,125 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024