Home / Kabar Desa

Minggu, 26 September 2021 - 03:45 WIB

Potensi dan Inovasi Desa Binjai Baru, Sabet Juara Satu

Abu Darda Ar Rasyid - Penulis

TV Desa – Batu Bara : Kegembiraan dan rasa terharu terlihat, saat Desa Binjai Baru, berhasil menyabet juara 1 bidang ekonomi dalam Lomba Potensi dan Inovasi Desa  yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Batu Bara dan Piala Bolo Kampung 2021.

“Ini kerja keras dan perjuangan tim kerja peserta lomba Desa Binjai Baru yang mewakili masyarakat, dalam memberikan tampilan yang terbaik,” ungkap Wali Wala Azahari Sagal, PJs Kepala Desa Binjai Baru, setelah menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Bara Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, Jumat 24/09/ 2021, di aula Dinas Bupati Kabupaten Batu Bara..

Kelompok ibu-ibu PKK ( Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ) Desa Binjai Baru, dibawah komando Ketua PKKnya, Susi Wahyuni, menjadi eksekutor utama perlombaan yang baru pertamakali diadakan oleh PT Innalum tersebut. Dengan Potensi yang dimiliki Desa, yaitu bidang Ekonomi ( Bumdes ), dengan berbagai produk yang sudah dimunculkan, maka Desa Binjai Baru, dalam hal ini PJs Kepala Desa Bpk. Wali Wala Azahari Sagala, dengan dukungan penuh ibu-ibu PKK, memutuskan untuk mengikuti perlombaan dibidang Ekonomi.

Baca Juga |  Peningkatan kapasitas fasilitasi pendamping sesuai KEPMENDES No.40 Tahun 2021 P3MD Kab.Muara Enim
(Atas) Pjs Kepala Desa Binjai Baru, Ketua PKK sebelah Kiri PJs Kepala Desa. (Bawah) Peraih juara 1 Perlombaan Potensi dan Inovasi Desa 2021. Foto dok. Marliah

Sementara itu, perlombaan yang sudah berlangsung sejak bulan Juli sampai September 2021, merupakan hasil kerjasama Pemerintah Batu Bara dan PT INALUM ( Persero ). Tiga kategori, yaitu; Bidang Ekonomi, lingkungan dan pariwisata, diikuti oleh 141 desa dalam wilayah kabupaten batu bara.

Masing-masing peserta lomba, menampilkan video terkait potensi dan inovasi desa, dimana video yang terpilih akan disurvey oleh team, untuk dilakukan penilaian.

Baca Juga |  Pemuda (Desa) dan Demokrasi

Ismail Midi, Senior Vice President CSRPT Inalum (Persero) menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, sehingga kegiatan Lomba Inovasi Desa ini dapat berjalan dengan sukses. Lomba Inovasi Desa merupakan kegiatan perdana yang dilakukan PT Inalum (Persero). Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi semua pihak dalam peningkatan potensi yang ada di masing-masing Desa dan mampu berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

“Menggali potensi dan berinovasi ini diharapkan tidak berhenti setelah perlombaan ini selesai,” harap Ismail.

Dilaporkan by Marliah ( Pendamping Desa Binjai Baru )

Berita ini 216 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024