Home / Kabar Desa

Kamis, 5 Agustus 2021 - 20:32 WIB

Potensi Usaha Bumdesa Ngudi Santoso Desa Pecangaan Yang Prospektif

017 Agus Prijadi - Penulis

TV Desa – Pati : 5 Agustus 2021. Bumdesa Ngudi Santoso berdiri pada tahun 2016 dan sampai tahun 2021 telah memiliki 4 unit usaha. Unit usaha bumdesa yaitu Unit pinjaman, Unit persewaan motor viar, Unit persewaan deklit dan Unit toko.

Unit toko mengalami pengembangan usaha yang cepat setelah mendapat pinjaman gedung bumdesa dan penyertaan modal desa sebesar 100 juta pada tahun 2021 ini. Dana ini digunakan oleh bumdesa untuk memperbesar unit toko dengan membuka cafe. Cafe ini mulai dibuka sejak tanggal 16 Juni 2021.

Sebelumnya unit toko hanya berdagang cat untuk kebutuhan nelayan, sekarang melayani juga penjualan berbagai macam minuman, snack dan nasi kucing. Unit toko ini buka mulai jam 8 pagi hingga malam hari. Malam tutup ditentukan oleh sepinya pengunjung dan habisnya dagangan nasi kucing antara jam 21 sampai dengan 24.

Baca Juga |  IDM 2021 untuk penyusunan RKPDES Tahun 2022

Unit toko dan cafe bumdesa ini memiliki spot pemandangan yang indah dimana di depannya ada aliran sungai dan perahu-perahu nelayan yang ditambatkan. Ini merupakan potensi yang baik untuk pembuatan spot-spot foto.

Bumdesa ini diketuai oleh bapak Saiful Anas, sekretaris bapak Priyanto dan bendahara bapak Nur Hadi.  Dalam kesempatan wawancara dengan Bapak Anas menyampaikan memang ada rencana untuk mengembangkan desa ini menjadi desa wisata mangrove. Saat ini penataan hutan mangrove dan pembuatan jalan ke arah hutan mangrove sedang dilakukan. “Dukungan untuk memperbesar bumdesa dan pengembangan hutan mangrove sangat dibutuhkan” ujarnya.

Baca Juga |  Wakil Bupati, DPRD Hadir di Rapat Kordinasi TPP|

Hanya 300 meter menuju laut Jawa dari depan gedung bumdesa ini. Peluang untuk mengembangkan wisata susur sungai, hutan mangrove dan ke laut menjadi potensi yang bisa dikembangkan untuk Desa Pecangaan ini.

Desa Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati ini merupakan satu-satunya desa yang memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Kecamatan Batangan. Setiap siang hari nelayan datang membawa hasil tangkapannya. Nelayan-nelayan ini merupakan nelayan kecil yang menggunakan perahu-perahu kayu.

 

M. Agus Prijadi

Berita ini 223 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024

Kabar Desa

“Pecah Telur” Desa Se Kecamatan Kedondong Sudah Salurkan BLT DD

Kabar Desa

Penjaringan Aspirasi Masyarakat Dusun Podomoro Pekon Negri Agung Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Fraksi PDI-P Wahyu Agus Fediawan B,Bus

Kabar Desa

Camat Kedondong : 10 dari 12 Desa Sudah Salurkan BLT DD Triwulan 1

Kabar Desa

Tingkatkan Gizi Masyarakat, Pemdes Gunung Sugih Realisasikan Program Ketahanan Pangan Hewani