Home / Kabar Daerah

Selasa, 7 Mei 2024 - 21:47 WIB

Presiden Joko Widodo Resmikan Indonesia Digital Test House

Olivia Maharani - Penulis

TVDesa – Depok : Pada saat meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH), di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 7 Mei 2024, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar Indonesia harus bisa beralih dari konsumen menjadi produsen di industri teknologi global.

Nilai impor saat ini mencapai lebih dari Rp30 triliun. Dari total 320 pemasok global Apple juga baru dua yang berasal dari Indonesia, dan masih berbanding jauh dengan negara ASEAN lainnya.

Negara kita tidak boleh terus menerus didominasi impor. Indonesia harus jadi pemain di pasar ini, dan partisipasi pemasok lokal pun harus ditingkatkan.

Baca Juga |  Kepahiang Tetapkan SK 17 Desa Wisata

IDTH menjadi suatu upaya Pemerintah untuk terus mendorong penguatan Indonesia di industri teknologi, di antaranya menyiapkan fasilitas pengujian perangkat berstandardisasi internasional yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, hingga menjadi pusat inovasi dan penelitian.

Dengan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggandeng perguruan tinggi, startup, serta UMKM dalam mendorong riset paten dan sertifikasi produk lokal.

Di saat negara-negara besar terperosok jurang resesi dan pertumbuhannya menurun, Indonesia masih mampu tumbuh 5,11 persen secara tahunan di Triwulan I-2024, dan merupakan yang tertinggi sejak 2015.

Baca Juga |  Puluhan Desa di Boltim Siap Gelar Pemilihan BPD

Meskipun masih ada sejumlah tantangan, seperti penutupan pabrik manufaktur serta dinamika pasar yang dipengaruhi kompetisi, efisiensi, dan adaptasi terhadap barang-barang baru, Indonesia sudah menunjukkan daya tahan dan potensi pasar domestik serta kepercayaan investor.

Ini menjadi bukti bahwa meski dihadapkan pada tantangan global, tetapi ekonomi kita tetap kuat dan terus menarik investasi positif.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

1.500 Pendamping Desa NTT Siap Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Pendamping Desa di NTT: Garda Terdepan Sukseskan PIN Polio

Kabar Daerah

Cegah Generasi Lemah, Gubernur Sumbar Minta Orang Tua Penuhi Tanggung Jawab

Kabar Daerah

Bersama Bawaslu, Forum Warga Bone Bolango Pantau Pemilu 2024

Kabar Daerah

10 Desa Wisata Terbaik Labuan Bajo Ikuti Pelatihan Beti Dewi

Kabar Daerah

Terhambat Geografis dan Keamanan, Dana Desa Tahap I di Tolikara Tetap Sukses Mengalir

Kabar Daerah

Bantuan Pembangunan Saluran Pembuangan 1500 Meter Senangkan Petani Dusun Karanganyar

Kabar Daerah

Para Artis Ini Bawa Semangat Baru bagi Desa-Desa di Jawa Tengah dan Jawa Timur