Home / Kabar Daerah

Minggu, 23 Juni 2024 - 21:43 WIB

Provinsi Sulbar Bangun Akses Layanan Keuangan Desa

@ADMIN 1 - Penulis

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membangun akses pelayanan keuangan agar dapat menyentuh masyarakat di desa dalam rangka membangun ekonominya di Mamuju, Sabtu (22/6/2024). Foto, Humas Pemprov Sulbar

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membangun akses pelayanan keuangan agar dapat menyentuh masyarakat di desa dalam rangka membangun ekonominya di Mamuju, Sabtu (22/6/2024). Foto, Humas Pemprov Sulbar

TVDesa – Mamuju : Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membangun akses pelayanan keuangan agar dapat menyentuh masyarakat di desa dalam rangka membangun ekonominya.

“Untuk membangun ekonomi Sulbar, maka akses layanan keuangan masyarakat harus dibangun sampai ketingkat desa, agar mereka lebih mudah untuk mendapatkan permodalan,” kata penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, di Mamuju, Sulbar, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemprov Sulbar mendorong pelayanan keuangan hingga sampai ke tingkat dengan dengan bekerja sama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga |  Pesan Gus Halim ke Auditor Ahli Utama: Apresiasi, Konsekuensi dan Tanggung Jawab

Menurut dia, Pemprov Sulbar mendorong terwujudnya ekonomi inklusif mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses layanan keuangan.

“Pemprov Sulbar membangun ekonomi berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan, dan mengurangi kesenjangan antar kelompok dan wilayah, sehingga masyarakat desa juga diprioritaskan mendapatkan bantuan ekonomi,” katanya.

Ia menyampaikan, ekonomi Sulbar masih tergantung pada bantuan anggaran keuangan dari pemerintah pusat, karena sekitar 77 persen dari anggaran APBD Sulbar, berasal dari dana transfer daerah.

“Daerah ini harus dibangun dari ekonomi desa sehingga layanan keuangan untuk ekonomi masyarakat desa, harus terus didorong dan ditingkatkan,” katanya.

Baca Juga |  Lima Desa di Ambon, Contoh Program Desaku Rumahku, Terapkan Hidup Sehat

Ia menyampaikan, Sulbar memiliki dana kredit usaha rakyat (KUR) yang dikelola perbankan mencapai Rp3 triliun yang dapat dimanfaatkan untuk membangun ekonomi masyarakat desa.

“Layanan KUR harus menyentuh masyarakat desa agar dapat membangun ekonominya, sehingga Pemprov Sulbar akan membuat dana KUR mampu diakses dan dikelola masyarakat desa,” katanya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 6 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya