Home / Kabar Desa

Senin, 4 Oktober 2021 - 13:28 WIB

Purbalamo, Target Binaan PKK Mandailing Natal 2022

#Dian Purnama Putra - Penulis

TV Desa – Mandailing Natal : Aula Madrasah Desa Purbalamo, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Jumat (1/10/2021) lalu, nampak semarak, saat menyambut kedatangan TP-PKK Kabupaten Madina ke desanya.

“Kami bersyukur karena desa kami menjadi salah satu calon desa binaan untuk tahun depan. Semoga desa kami terpilih menjadi salah satu desa binaan tahun 2022 nanti,” ujar Pawis Nasution, Kepala Desa Purbalamo.

Hari itu, rombongan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersama Ketuanya, Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution, memang sedang meninjau Desa Purbalamo, salah satu calon desa binaan untuk tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Madina Ny. Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution berharap, sebagaimana dikutip dari SmartmadinaFM, kunjungan penilaian tersebut sekaligus menjadi momen pembinaan untuk peningkatan PKK desa dalam perannya membantu pemerintah desa dan secara bersama memberdayakan potensi keluarga dan masyarakat dalam membangun desa.

Baca Juga |  Ketua TP PKK Lampung Selatan Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Merbau Mataram

Selain itu, Eli juga menjelaskan sepuluh kriteria yang harus dipenuhi untuk terpilih menjadi desa binaan pada tahun 2022, sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional PKK ke-8 pada 2015 yang lalu.

Sepuluh kriteria tersebut di antaranya, tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja (PAAR), usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PPK, pemanfaatan halaman pekarangan rumah (Hatinya) PKK, IVA test yang diperlombakan dalam rangka kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan dengan Posyandu, lingkungan bersih dan sehat (LBS), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Kesatuan Gerak PKK-KB dan kesehatan dan lomba program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Baca Juga |  Empat Jenis Minuman Kesehatan Ala Kalurahan Srimulyo

“OPD terkait diharapkan menyampaikan penilaian teknis sesuai tugas pokok dan fungsinya, karena dalam pembinaan nantinya dukungan setiap OPD terkait sangat dibutuhkan dalam perlombaan ini,” kata Eli.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 75 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih