Home / Kabar Desa

Senin, 4 Oktober 2021 - 13:28 WIB

Purbalamo, Target Binaan PKK Mandailing Natal 2022

#Dian Purnama Putra - Penulis

Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution (Image Courtesy https://startfmmadina.com)

Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution (Image Courtesy https://startfmmadina.com)

TV Desa – Mandailing Natal : Aula Madrasah Desa Purbalamo, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Jumat (1/10/2021) lalu, nampak semarak, saat menyambut kedatangan TP-PKK Kabupaten Madina ke desanya.

“Kami bersyukur karena desa kami menjadi salah satu calon desa binaan untuk tahun depan. Semoga desa kami terpilih menjadi salah satu desa binaan tahun 2022 nanti,” ujar Pawis Nasution, Kepala Desa Purbalamo.

Hari itu, rombongan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersama Ketuanya, Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution, memang sedang meninjau Desa Purbalamo, salah satu calon desa binaan untuk tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Madina Ny. Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution berharap, sebagaimana dikutip dari SmartmadinaFM, kunjungan penilaian tersebut sekaligus menjadi momen pembinaan untuk peningkatan PKK desa dalam perannya membantu pemerintah desa dan secara bersama memberdayakan potensi keluarga dan masyarakat dalam membangun desa.

Baca Juga |  Bagikan Tikar Ukur, Aksi Nyata Pemdes Karanganyar Turunkan Stunting

Selain itu, Eli juga menjelaskan sepuluh kriteria yang harus dipenuhi untuk terpilih menjadi desa binaan pada tahun 2022, sesuai dengan hasil Rapat Kerja Nasional PKK ke-8 pada 2015 yang lalu.

Sepuluh kriteria tersebut di antaranya, tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja (PAAR), usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PPK, pemanfaatan halaman pekarangan rumah (Hatinya) PKK, IVA test yang diperlombakan dalam rangka kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan dengan Posyandu, lingkungan bersih dan sehat (LBS), perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Kesatuan Gerak PKK-KB dan kesehatan dan lomba program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Baca Juga |  Penggiat Pencak Silat Sumawe Dirikan Paguyuban, Jaga Ketertiban dan Keamanan

“OPD terkait diharapkan menyampaikan penilaian teknis sesuai tugas pokok dan fungsinya, karena dalam pembinaan nantinya dukungan setiap OPD terkait sangat dibutuhkan dalam perlombaan ini,” kata Eli.

Berita ini 75 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Usai Lebaran, BUMDes Dapat Tingkatkan Modal Lewat Investasi

Kabar Desa

Kemendes PDTT: Lebih dari 900 BUMDes Sudah Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Desa

Kegiatan Posyandu Lansia Dusun Branjang Desa Sidokerto Kecamatan Mojowarno Wujudkan Masa Tua Lansia Yang Bahagia, Sehat, Mandiri Dan Berdayaguna

Kabar Desa

Desa Darsono, Rerata Panen Padi Organik 6 Ton Per-Hektar

Kabar Desa

Pemdes Pattiroang Realisasikan Jalan Tani Ma’lete

Kabar Desa

Dibangun Tahun 2023, TPT Desa Teba jawa Jebol Diterjang Banjir Bandang

Kabar Desa

Desa Loa Janan Ulu Fokuskan APBDes Pada Pembangunan Kantor Desa Baru

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa