Home / Kabar Desa

Rabu, 13 April 2022 - 22:18 WIB

Budidaya Puyuh Jadi Sarana Ketahanan Pangan Desa Lebak Budi

deden baturajo - Penulis

TVDesa News – Muara Enim : Menjelang Pencairan Dana Desa Reguler Tahap Pertama, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lebak Budi menggelar Rapat Kerja dengan Perintah desa Lebak Budi, (Rabu Malam, 13 April 2022) yang dihadiri Tenaga Pemdamping Profesional (TPP) yang bertugas di desa tersebut.

Iza Amri, Ketua BPD Lebak budi menyatakan, rapat kerja dan koordinasi antara BPD dan Pemdes Lebak budi ini membahas teknis kegiatan ketahanan pangan desa, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Karena surat Teleg terkait pencairan dana desa tahap I sudah ada, maka harus disegerakan pelaksanaan rapat kerja dan koordinasi jni,” kata Iza.

Menurutnya, pokok bahasan utama pada rapat tersebut terkait kegiatan ketahanan pangan desa, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190/pmk-07/2021 tentang pengelolaan dana desa.

Baca Juga |  Musyawarah Desa Penetapan KPM BLT DD dan JKN Bansus Desa Penggalang

Kegiatan ketahanan pangan desa lebak budi kecamatan panang enim kabupaten muara enim sumatra selatan ini, difokuskan pada kegiatan budidaya unggas jenis puyuh petelur.

Selain itu, terdapat pula kegiatan pada sektor pertanian, yakni pengadaan sarana pertanian padi, baik bagi petani padi sawah, maupun bagi petani padi ladang (non padi sawah, red).

“bantuan pupuk dan insektisida ini khusus untuk petani padi, baik padi sawah maupun padi darat (non padi sawah, red)” terang iza.

Disoal dengan bagaimana teknis kedua kegiatan tersebut, iza menyatakan, dari hasil musyawarah disepakati pembentukan kelompok masyarakat budidaya puyuh.

Anggota kelompok masyarakat ini, difokuskan pada sasaran 1000 hari pertama kehidupan ( 1000 HPK). Mulai keluarga dengan anggota keluarga bawah dua tahun (Baduta), baik yang beresiko stunting, maupun yang terindikasi stunting, serta memprioritaskan pada masyarakat miskin yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

Baca Juga |  11 Desa Wisata di Bali Akan Jadi Lokasi Kunjungan Delegasi G20

“ada 12 keluarga dengan resiko maupun terindikasi stunting, ini yang akan jadi prioritas,” tambah iza.

Tampak hadir dalam rapat kerja BPD dan Pemdes lebak Budi tersebut kepala desa Lebak Budi kabrinudin bersama sejumlah perangkat desa, 4 dari 7 orang BPD desa lebak Budi, Deni  A Saputra Pendamping Lokal Desa  yang bertugas di desa Lebak Budi, serta sejumlah Tokoh masyarakat desa lebak budi.

“semoga keputusan rapat malam ini bisa membawa kebaikan bagi kita semua, khususnya masyarakat desa lebak budi,” kata Kepala desa Lebak Budi Kabridunin dalam sambutannya. (*)

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 724 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Jelang HUT RI ke-79 di Patalassang: Panitia Siapkan Sejumlah Perlombaan Seru!

Kabar Desa

Festival Bubur Suro: Paduan Budaya, Kuliner, dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Bandung

Kabar Desa

IMP Nanggalo Gelar Gebyar Kader: Perkuat Peran Kader dalam Penurunan Stunting

Kabar Desa

Likwatang Cup 2024: Lebih dari Sekedar Turnamen Sepak Bola Desa

Kabar Desa

Harga Terbang, Sembako di Pasar Murah Gulinggang Jadi Incaran Warga!

Kabar Desa

Desa Gondosuli Terang Benderang dengan PLTS Besutan Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang

Kabar Desa

BLT DD di Desa Kiawa Satu Bantu Masyarakat Miskin Ekstrim Penuhi Kebutuhan Pokok

Kabar Desa

Ini, Cara Ibu-ibu PKK Desa Tewah Pupuh Tingkatkan Kepiawaian Mengolah Hasil Perikanan Lokal