Home / Kabar Daerah

Senin, 22 April 2024 - 15:34 WIB

Rakor TPP Pesawaran, Hindari Salah Kelola Dana Desa

Syahruddin - Penulis

TVDesa – Pesawaran : Peningkatan kinerja Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Pesawaran, diharapkan dapat meniadakan potensi permasalahan yang muncul dalam pengelolaan Dana Desa (DD).

“Kita ingin semua TPP mengoptimalkan kinerja dalam pendampingan pengelolaan dana desa, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawaaan sampai dengan pelaporan, karena permasalahan dalam pengelolaan dana desa tidak akan ada jika kualitas pendampingan terus dijaga oleh pendamping desa,” ucap Reka Putra, Koordinator TPP-Desa Provinsi Lampung, pada rapat koordinasi (Rakor) dan halal bihalal TPP Kabupaten Pesawaran di resto junjungan gedong tataan, Senin (22/4/2024).

Keberhasilan pendamping desa dalam tugas pendampingan, menurut Reka, merupakan pekerjaan mulia sebagai bagian dari kontribusi membangun indonesia.

“Selain tidak adanya permasalahan dalam pengelolaan dana desa, kami juga ingin kemajuan di desa semakin meningkat, baik infrastuktur nya maupun SDM masyarakat desa nya khususn nya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan ini bisa di capai jika di iringi dengan kualitas pendampingan, mari bersama sama berkontribusi dalam membangunan indonesia,” harap Reka Putra.

Baca Juga |  Pemdes Tempirai Timur Tetapkan 107 KPM Penerima BLT DD TA 2022

Seluruh pendamping desa juga diajak untuk menyelaraskan tugas tugas pendamping desa dengan pemerintah daerah dalam hal ini dinas PMD.

“Saya kira tugas pendamping desa dan Dinas PMD banyak kesamaan, mengawal UU Desa dan Regulasi tentang pengelolaan dana desa. Saya berharap komunikasi, koordinasi diantara kita bisa selaras demi maju nya desa,” ungkap Istiana Laosi, MH,  Kepala Bidang dua Dinas PMD Pesawaran, yang membidangi perencanaan, keuangan dan aset desa.

Baca Juga |  Wabup Bengkalis Dorong Desa Manfaatkan Dana Bermasa

Seluruh TPP juga diharapkan untuk selalu meng-update tugas tugas dampingan di masing masing desa.

“Dua hari kedepan ibu yesi ke jakarta untuk menyelesaikan laporan realisasi monev dd, data IDM juga sudah memasuki waktu penginputan, belum lagi, pendampingan usaha dan unit usaha BUMDes berikut laporan nya, ini semua butuh keseriusan kita dalam melaksanakan tugas,” terang Ahmad Jazuli, Koordinator TPP Pesawaran.

Turut hadir dalam rakor TPP Pesawaran ini, TAPM Provinsi (Hatta Kadir), TAPM Kabupaten Pesawaran, dan seluruh TPP kabupaten Pesawaran.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 55 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya

Kabar Daerah

Kai Bulang: Inovasi Aplikasi Bantu Asistensi Penyertaan Modal BUMDes di Balangan

Kabar Daerah

Pemprov Sumbar Dukung Penuh Atlit Berlaga di PON Provinsi Aceh dan Sumut

Kabar Daerah

DPMD Konsel Resmikan Klinik BUMDes, Siap Jemput Bola Bantu Kembangkan Desa