Home / Kabar Daerah

Minggu, 22 Agustus 2021 - 23:48 WIB

Rakor TPP Sebagai Wahana Peningkatan Kapasitas Mandiri

026 Mochamad Lukman - Penulis

TV Desa-Jombang : Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 Tenaga pendamping Profesional Kecamatan Gudo ,Kabupaten Jombang ,mengadakan Rakor Bersama yang bertempat di Posko Pendamping Kecamatan Gudo.

Perlu di ketahui di Kecamatan Gudo terdapat 7 orang personil Tenaga Pendamping Profesional(TPP) yang terbagi atas 3 Pendamping Desa (PD) dan 4 Pendamping Lokal Desa(PLD) yang mendampingi 18 Desa dampingan ,jadi dari 4 PLD tersebut ada yang mendampingi 4 Desa ada juga yang mendampingi 5.Desa.

Dalam Rakor tersebut mengangkat 3 pembahasan utama yaitu Rencana Pelaksanaan RKPDes Tahun 2022,Percepantan pengajuan DD tahap 3 dan Evaluasi Pelaksanaan Musdes Bumdesa semester 1 Tahun 2021

Kordinator TPP Kecamatan Gudo “M.Imron Rosyadi,ST,menjelaskan Bahwa kalau kita berhitung dengan waktu maka bulan September merupakan bulan terakhir dari Siklus Perencanaan di Desa Sehingga mau tidak mau pada bulan September ini Desa sudah harus melaksanakan RKPDes Tahun 2022 sehingga penetapan APBDes Tahun 2022 bisa di lakukan akhir tahun 2021.

Baca Juga |  Gubernur Siapkan ASN Adaptif dan Transformasi Digital di Sumbar Melalui Pelatihan GTA

Lebih Lanjut “M.Imron Rosyadi” menghimbau kepada Para PLD agar kiranya mendampingi desa dalam memetakan Hasil IDM 2021 karena ini sebagai dasar dalam perencanaan Pembangunan Tahun 2022,sebab dengan Dasar IDM 2021 maka Desa akan mengetahui bidang bidang apa yang sangat di butuhkan warga maupun desa untuk di Anggarkan dan di realisasikan di Tahun 2022.

Baca Juga |  Melihat Makna Dibalik Prosesi Adat Penyambutan Presiden Jokowi Di Toba

Di Saat yg sama “M.Zanuarudin” yang juga Pendamping Desa mengajak PLD untuk mendampingi desa dalam percepatan pengajuan Dana Desa tahap 3 sekaligus memastikan laporan Realisasi kegiatan dari DD tahap 1 dan Tahap 2 terselesaikan.

Yang terakhir Pendamping Desa” Vienda wintari”melaporkan pelaksanaan musdes Bumdesa semester 1 sekecamatan Gudo tahun 2021 telah di laksanakan ,juga menghimbau kepada seluruh PLD agar mendampingi Desa Dampinganya dalam pengajuan Sertifikat Badan Hukum dari KemenKum HAM RI .

 

Berita ini 42 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Kepala BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada saat Arus Balik Lebaran 2024

Kabar Daerah

Kawasan Aia Angek Aman Dilalui Setelah Sedimen Tuntas Dibersihkan*

Kabar Daerah

Shalat Id Bersama Warga, Gubernur & Wagub Sumbar, Ucapkan Selamat Lebaran

Kabar Daerah

Gubernur, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri

Kabar Daerah

Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang*

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar : Terima Kasih Kemenhub, Telah Fasilitasi Mudik Gratis Ratusan Perantau Sumbar

Kabar Daerah

Aksi Kemanusiaan Forum OSIS Jateng Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir Demak

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Pimpin Penandatanganan Kerja Sama Pemprov dan Empat Kabupaten/Kota Terkait Pengelolaan Sampah*