Home / Kabar Daerah

Selasa, 4 Juni 2024 - 10:29 WIB

Kerjasama TNI-Pemda, Ribuan RTLH di Kabupaten Bangka Segera Direhab

013 Ismail Muridan - Penulis

TV Desa – Pangkalpinang : Ribuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan mendapatkan bantuan rehabilitasi dari kerjasama Pemkab Bangka dan Kodim 0413/Bka. Rencananya pelaksanaan rehab dilakukan pada tahun depan, tersebar di empat kecamatan.

Kepastian bantuan rehabilitasi sebanyak 1.064 RTLH tersebut, diketahui usai penandatanganan MoU kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan Kodim 0413 Bangka.

Penandatanganan dokumen kerjasama yang dilakukan Pj Bupati Bangka M Haris, dan Dandim 0413/Bangka Letkol Arh Agung, berlangsung di Ruang Kerja Gubernur Babel, di Pangkalpinang, Senin, 3 Juni 2024.

Kegiatan itu disaksikan langsung Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI Safta Feryansyah SE SIP MHan dan Penjabat Gubernur Babel Syafrizal Zakaria Ali, serta diikuti secara virtual oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Sumatera Bagian Selatan.

Komandan Korem 045/Gaya, Brigjen Safta Feryansyah mengungkapkan program kerjasama rehab RTLH dilakukan oleh jajaran Korem 045/Gaya bersama-sama unsur terkait, termasuk pemerintah daerah, sebagai wujud sinergitas dan pengabdian TNI membangun wilayah.

Baca Juga |  Sah ! Kuningan Gunakan Digital Tangani Stunting

“Program ini dilakukan oleh jajaran Korem 045/Garuda Jaya, dalam hal ini Kodim 0413/Bangka, bersama unsur terkait, termasuk pemda di dalamnya. Kita ingin secara bersama membantu menyejahterakan masyarakat dalam pengabdiannya membangun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk lebih maju,” ujar Brigjen Safta Feryansah di sela kegiatan, melalui keterangan resmi yang diterima redaksi.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bangka M Haris menyampaikan bahwa kerja sama merupakan upaya dalam rangka mengentaskan rumah tidak layak huni (RTLH) yang diharapkan berpengaruh terhadap penanganan stunting di wilayahnya.

“Ini sebagai upaya konkret dalam rangka mengentaskan rumah tidak layak huni kepada masyarakat. Pembangunan rumah layak huni ini juga diharapkan akan berdampak besar pada turunnya angka stunting,” kata Haris.

Haris menambahkan pembangunan RTLH menjadi rumah layak huni ini juga akan memberikan sanitasi dengan optimal dalam mendukung program hidup bersih dan sehat. Kerjasama dengan TNI yakni Korem 045/Gaya dan Kodim 0413/Bangka yang akan dilaksanakan tahun depan, menjadi bagian upaya pemerintah agar masyarakat tak mampu mendapatkan rumah layak huni.

Baca Juga |  Bupati Acep Terus Dorong Peran Masyarakat Menuju Desa Wisata

“Sehingga target Pemkab Bangka di tahun 2025 merehab rumah warga dari tidak layak huni menjadi layak huni sebanyak 1.064 rumah dapat terealisasi. Pemkab Bangka dengan tujuh dinas terkait juga akan melibatkan rekan-rekan dari forum CSR,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Bangka, Heriyadi mengatakan dari total sasaran yang direncanakan penerima manfaat rumah layak huni di Kabupaten Bangka tersebar di Kecamatan Sungailiat, Belinyu, Puding Besar, dan Kecamatan Riau Silip. (im/penrem)

Berita ini 30 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi : Kualitas Pelayanan Publik di Sumbar Mesti Meningkat Dari Tahun ke Tahun

Kabar Daerah

Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Dukung PPDB Online yang Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kabar Daerah

Monev Website Desa Teraju dan Balai Belungai, Ini Hasilnya

Kabar Daerah

Tahun Ini, 109 Desa di Malinau Rampungkan Penataan Batas 

Kabar Daerah

6 Desa di Jatinangor Pamerkan Hasil OVOP

Kabar Daerah

293 Kades se-Banyumas Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

Kabar Daerah

Stakeholder Sumbar Diharapkan Terus Berkolaborasi Menjaga Lingkungan

Kabar Daerah

Gubernur Sumbar Wacanakan Normalisasi Sungai di Ngarai Sianok