Home / Talk Show

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:17 WIB

Saatnya Millenial Tumbuhkan Bisnis Pertanian di Era Industri 4.0

Ali Akbar - Penulis

Saatnya Millenial Tumbuhkan Bisnis Pertanian di Era Industri 4.0, Minggu (21/05) secara Virtual

Saatnya Millenial Tumbuhkan Bisnis Pertanian di Era Industri 4.0, Minggu (21/05) secara Virtual

TV Desa – Padang Pariaman : Saat ini menjadi seorang petani tidak saja digeluti oleh orang tua yang berusia di atas 40 tahun, namun tak kalah ketinggalan menjadi bidang yang digeluti oleh kaum millenial.

Contoh, sosok owner millenialfarmer.com dan pemilik akun media sosial milfar.id, Muh. Alif Alfath sebagai narasumber tunggal. Usaha ini dirintis sejak 31 Juli 2021. Millenial Farmer hadir untuk menjawab permasalahan-permasalahan pada bidang pertanian, baik itu dari segi budi daya, perawatan, pemasaran hingga pada masalah SDM-nya.

Hal ini mencuat dalam sebuah webinar dengan tema “FARM: For Agribusiness we Rise the Millenials”. Acara ini diselenggarakan secara virtual oleh Sekolah Vokasi IPB – Institut Pertanian Bogor, Minggu (21/05), mulai pukul 10.00 – 12.30 WIB.

Baca Juga |  Petani Desa Beteng Diajarkan Trik Efektif Bikin Kompos

Ketua Panitia Akhdan Hadi Zahran dengan anggota Eka Rindah Yani, Angelica Nabilla Ahdy dan Nisrina Salsabila.  MC oleh Fairuz Salma Yuzandi dan Moderator adalah Resty Kurnia.

Dalam paparannya, Alif menjelaskan bahwa “Milfar atau Millenial Farmer adalah sebuah media yang bergerak dalam informasi, edukasi, produksi dan bisnis pertanian”.

Dalam kesempatan ini dijelaskan kiat-kiat bisnis pertanian di era Digital 4.0, yakni:

1.Membangun start-up, 2. Beradaptasi dengan dunia baru, 3. Memanfaatkan teknologi digital dengan baik, 4. Melakukan inovasi, 5. Bangun jejaring dan kemitraan dan 6. Jangan gengsian dan teruslah belajar.

Selanjutnya Alif menerangkan, “Bisnis di bidang pertanian yang bisa mendatangkan ‘cuan’saat ini diantaranya: 1) Produksi tanaman hortikultura, 2) Pasar segar, 3) Produk siap saji, 4) Konten Kreator, 5) Mentor, kelas belajar dan lembaga kursus online.”

Baca Juga |  Manfaatkan Lahan Kosong Kodim 1607/Sumbawa Panen Jagung

Peserta yang hadir dari berbagai macam profesi di bidang pertanian, baik pelaku/petani, instansi pemerintahan, mahasiswa/i, pengusaha dan umum, berjumlah 200 orang.

Terakhir diumumkan peserta yang mendapat hadiah/ door prize berjumlah 3 orang atas inisiatifnya dalam bertanya dan memberikan kesan/pesan atas penyelenggaraan acara ini.

Bahan/materi webinar dapat diunggah disini: https://docs.google.com/presentation/d/1zD3nGMsTKVE9yyZCYNA3HYgs6aEZU5jG/edit?usp=drive_link&ouid=113039735969820606960&rtpof=true&sd=true

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 252 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Talk Show

Lebih dari 900 BUMDes, Miliki Nomor Induk Berusaha

Kabar Pusat

Deklarasi MOJO Indonesia

Talk Show

Desa Itu Bukan Satuan Pemerintahan Tapi Organisasi Korporatisme Negara (State Corporatism)

Talk Show

Ruang Cakap SDGs Desa: Nilai Penting Data Desa Untuk Pembangunan

Talk Show

Penambahan Masa Jabatan Kades, Itu Hanya Bagian Kecil Saja

Talk Show

Laode M Syarif: Desa Inklusif, No One Left Behind

Talk Show

SINTHESA IPB Wujudkan Kemandirian Pangan dari Desa

Kabar Daerah

Gus Halim Hadiri Kongres Kebudayaan Desa