Home / Kabar Desa

Selasa, 7 September 2021 - 02:03 WIB

Masyarakat Serbu Lokasi Vaksinasi Di Balai Desa

Fadjar Setiawan - Penulis

TV Desa – Ponorogo : Sadar Vaksinasi, masyarakat desa mulai sadar akan kebutuhan vaksin, guna pencegahan penyebaran penulasan virus covid-19 dengan mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit.

Berkaitan dengan pandemi ini, ada empat tujuan vaksinasi COVID-19. Pertama, mengurangi penularan COVID-19. Kedua, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19. Ketiga, mencapai herd immunity. Terakhir, melindungi masyarakat agar tetap produktif. Dikutip dari Kemkes.go.id

Pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2021, serentak dilaksanakan vaksinasi dibeberapa titik strategis di Kabupaten Ponorogo. Ini merupakan penyuntikan tahap pertama bagi masyarakat usia 18 th keatas sedangkan jenis Vaksinnya adalah Sinovac.¬† Salah satunya di Balai Desa Pintu Kecamatan Jenangan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Tercatat sejumlah 300¬†Orang telah melaksanakan vaksinasi. Masdaroini, S.Th.I (Kepala Desa Pintu) dalam mengatakan “Meski telah divaksin, bukan berarti dapat abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Tetap jaga kesehatan dan tetap ikuti protokol kesehatan 5M serta siap saat menerima vaksin nanti ya”.

Baca Juga |  Puskesmas Paninggaran Laksanakan Vaksinasi Covid Tahap II Untuk Masyarakat Umum

Ia menekankan kepada masyarakat jangan malu atau merasa takut dites, jangan sampai ketika terkonfirmasi positif pada saat masuk rumah sakit sudah terlambat jadi tidak tertolong.

“Oleh karena itu tolong disosialisasikan (kepada masyarakat) kalau misalkan ada yang kena virus jangan takut dites, jangan takut dilacak. Siapa saja yang pernah bertemu kemudian yang bersangkutan dites, kalau ketemu lalu diraway baik diisolasi terpusat maupun di rumah sakit Insyaallah sembuh,” ucapnya.

Baca Juga |  Sinergitas Tiga Pilar Kelurahan Muara Jawa Pesisir Bantu Warga Isoman

Terlihat antrian panjang dengan menjaga jarak antar pengunjung, tidak menyurutkan niat masyarakat untuk vaksin. Awal adanya vaksinasi, masyarakat merasa ketakutan dan was – was, hal apakah yang terjadi setelah mendapatkan suntikan vaksin. Namun lambat laun hal tersebut sirna dengan sendirinya, karena masyarakat lebih cenderung menginginkan kesehatan yang lebih optimal dengan berperilaku hidup bersih, mematuhi protokol kesehatan. Minimal mewajibkan diri masing – masing memakai masker serta sering mencuci tangan dengan sabun dimanapun dan dalam kegiatan apapun di desa.

 

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 36 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Warga Dusun Gading Desa Pandanwangi Kecamatan Diwek Jombang Adakan Kirab Gunungan Hasil Bumi Keliling Kampung Untuk Memeriahkan Sedekah Dusun

Kabar Desa

Kenduri Swarnabhumi: Ratusan Ibu di Batanghari Lestarikan Kuliner Tradisional Berengkes Ikan

Kabar Desa

Kembangkan Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN UNEJ Dirikan Klinik UMKM

Kabar Desa

Kampung Pengawasan Partisipatif Desa Mekarjaya Pilih Kentongan Jadi Ikon

Kabar Desa

Desa Telaga Itar Berikan Beasiswa, Bangkitkan Semangat Belajar 45 Siswa Berprestasi!

Kabar Desa

Desa Wisata Golo Loni Raih Prestasi Nasional, Terhambat Jaringan Internet

Kabar Desa

Petani Jayaputra Beroleh Bantuan Pompa Air, Musim Kemarau Tak Lagi Jadi Kendala

Kabar Desa

Warga Dusun Bunut Bersorak Bahagia, Sumur Bor 110 Meter Atasi Krisis Air Bersih