Home / Kabar Daerah

Selasa, 7 Mei 2024 - 15:38 WIB

Satu Nagari Satu Event, Bawa Tanah Datar Peringkat 4 Nasional Penilaian PPD

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Tanah Datar : Program satu nagari satu event antarkan Kabupaten Tanah Datar menjadi terbaik empat pada penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2024.

“Alhamdulilllah, tahun ini kita kembali masuk 10 Kabupaten terbaik pada penilaian PPD tingkat nasional tahun 2024, dan pada penilaian akhir Tanah Datar berhasil menempati posisi 4,”kata Bupati Tanah Datar Eka Putra kepada Antara di Jakarta Selasa.

Dia mengatakan, penilaian PPD adalah sebuah prestasi yang bergengsi bagi daerah baik Provinsi maupun Kab/Kota, yang diselenggarakan oleh Bappenas RI.

Prestasi tersebut juga merupakan apresiasi kepada pemerintah daerah yang menunjukkan prestasi terbaik dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah.

Baca Juga |  Pemprov Sumbar Siapkan APBD 10 Miliar Untuk Jalan Ombilin-Batusangkar

“Prestasi ini tentu sangat kita syukuri dan kita tetap bertekad untuk memperbaiki kualitas perencanaan dan terus berinovasi, sehingga tercapainya sinkronisasi perencanaan dari pusat sampai ke daerah,” kata dia.

Kedepannya, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan terus mengembangkan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang memberikan multyplier effect bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang Tanah Datar, Adriyanti Rustam mengatakan pada penilaian PPD tahun lalu Tanah Datar mengangkat inovasi Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis) dan berhasil menjadi terbaik I PPD tingkat Provinsi Sumbar.

Baca Juga |  Tegaskan Batas Desa, Pemerintah Desa se-Kecamatan Sukowono Ikuti Bimtek 3 Hari

Dari capaian itulah, Kabupaten Tanah Datar menerima dana Bantuan Keuangan bersifat Khusus (BKK) senilai Rp 17 Miliar dari Pemerintah Provinsi Sumbar di anggaran 2024.

“Untuk tahun ini kita mengangkat inovasi Satu Nagari Satu Event, Alhamdulillah juga menjadi juara tingkat Provinsi Sumbar dan saat ini tingkat nasional peringkat IV,” ujarnya.

Adriyanti Rustam menambahkan, manfaat dari inovasi Satu Nagari Satu Event telah dirasakan secara langsung oleh seluruh lapisan masyarakat. Antara lain, bergeraknya ekonomi kreatif, pelestarian budaya, memajukan produk-produk nagari dan lain sebagainya.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 16 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Desa Badak Mekar Ditetapkan sebagai Sumber Benih Aren Andalan Kaltim!

Kabar Daerah

13 Desa di Nias Utara Jadi Pelopor Perlindungan Jaminan Sosial Perangkat Desa

Kabar Daerah

Perkuat Ukhuwah dan Pencerahan Melalui Safari Dakwah Aswaja di Desa Talumopatu

Kabar Daerah

Mahyeldi : Sumbar Masih Kekurangan Dokter

Kabar Daerah

Botram Hadir di Desa Ciantra: Layanan Publik Makin Dekat dan Intens

Kabar Daerah

Satu Dasawarsa UU Desa, Kades Situbondo Rayakan Perpanjangan Masa Jabatan dengan Syukuran

Kabar Daerah

41 Sekdes di Garut Terima NIPD, Bukti Pengakuan Peran Perangkat Desa

Kabar Daerah

Banyuwangi Ethno Carnival 2024: Memukau dengan Keindahan Desa dan Budaya