Home / Kabar Desa

Minggu, 17 September 2023 - 19:58 WIB

Sedekah Bumi Dan Ruwah Dusun Gading Desa Jeruk Purut Sukses Di Gelar

Adi noto - Penulis

 

Tv Desa News_Pasuruan, Sedekah bumi dan ruwah Dusun Gedang di Desa Jerukpurut, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan pagi tadi (17/9/2023) terasa berbeda.

Selain karena gelaran pertama usai pandemi covid, sedekah bumi yang diikuti 5 RT ini juga dihadiri oleh Tokoh Pemuda berpengaruh di Gempol, Adinda Denisa.

Kehadiran lulusan Psikologi Unair ini tak sekadar sebagai penonton, Adinda juga ikut ambil bagian menjadi peserta acara.

“Senang bisa ikut berpartisipasi acara dusun saya sendiri. Ini yang pertama saya ikut. Kebetulan (gelaran) ini juga pertama setelah pandemi,” terangnya.

Melihat dan ikut merasakan sendiri salah satu tradisi leluhur di dusunnya, Adinda mengaku ingin mengembangkan budaya-budaya nusantara.

Baca Juga |  Ngopi Bareng Ala Simojayan

“Keinginan saya, kebudayaan Jawa maupun Indonesia bisa dikembangkan secara baik. Mungkin bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai elemen,” tuturnya.

Sepemantauan tv desa news, Adinda ikut membantu 3 ancak dalam sedekah bumi tersebut. Ancak-ancak ini melengkapi ancak dari perwakilan tiap RT.

Dengan memakai pakaian tradisional, Adinda berdiri diatas bak motor berisi ancak. Sepanjang perjalanan arak-arakan ancak, dengan ramah kader Gerindra ini menyapa satu persatu warga yang menonton.

“Tadi seru banget. Semua antusias mengikuti sedekah dusun. Karena semua masyarakat sini paham sedekah bumi ini salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan,” jelasnya.

Baca Juga |  Gegara Internet, Kain Tenun Warga Desa Sukarara Dikenal

Disinggung terkait pencalonannya, ia enggan berkomentar lebih jauh. Saat ini, dirinya ingin menikmati semangat pemuda melestarikan budaya leluhur.

“Ini enggak ada hubungannya dengan pencalonan saya. Murni saya terpanggil dan wajib hadir karena ini dusun saya sendiri. Apalagi ini sejalan dengan nilai yang saya anut, yakni pemuda harus ambil bagian dalam pelestarian budaya,” tutupnya.

Berita ini 31 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

Kabar Desa

Orientasi Tim Pendamping Keluarga Beresiko Stunting Tingkat Kecamatan Suwawa Selatan

Kabar Desa

Keuchik Cot Mane Bagikan Pupuk Gratis Untuk Petani

Kabar Desa

Kediaman Warga di Gurun Panjang Dapatkan Kunjungan Dinkes Pessel

Kabar Desa

Percepat Turunkan Stunting, Pemnag Padang Tarok Baso Gelar FGD

Kabar Desa

Gotong Royong, Warga Plabuhan Kembali Gelar Sedekah Desa

Kabar Desa

Tahun 2024, BUM Desa Bersama BSB Temon Mendapatkan Tambahan Modal Sebesar 300 Juta Rupiah

Kabar Desa

Biayai Kegiatan Warga, Kenokorejo Gunakan Reward PBB