Home / Kabar Desa

Rabu, 8 September 2021 - 21:30 WIB

“Sekolah Budaya” di Desa Wisata Kreatif Perdamaian Srumbung Gunung

Ika Arinta - Penulis

Foto kegiatan belajar mengenal tumbuhan sekitar

Foto kegiatan belajar mengenal tumbuhan sekitar

TVDesa – Semarang : Kelompok bermain dan belajar yang diprakarsai oleh Teguh Nugroho, S.Th.,M.Fil. ini bernama Sekolah Budaya. Tujuan dari Sekolah Budaya ini adalah untuk membangun karakter, kemandirian, keberanian dan kedisiplinan anak.

Bertempat di halaman rumah Teguh Nugroho, Sekolah Budaya sudah dimulai sejak 25 Agustus 2021. Anak-anak yang mengikuti sebagian besar warga sekitar yang berusia 2-3 tahun. Mereka dari berbagai golongan dan tidak membedakan agama. Hingga saat ini, jumlah anak yang mengikuti kurang lebih 12 anak.

Menurut Erikson (1963), bermain membantu anak mengembangkan rasa harga diri. Alasannya adalah dengan bermain anak memperoleh kemampuan untuk menguasai tubuh mereka, menguasai, dan memahami benda-benda, serta belajar keterampilan sosial. Anak bermain karena mereka berinteraksi guna belajar mengkreasikan pengetahuan. Bermain merupakan cara dan jalan anak berpikir dan menyelesaikan masalah. Anak bermain karena mereka membutuhkan pengalaman langsung dalam interaksi sosial agar memperoleh dasar kehidupan sosial.

Baca Juga |  Pemuda Remaja Masjid Tompobulu Lakukan Munaqis Santri TK/TPA

Interaksi sosial yang di bangun sejak dini diharapkan bisa membangun karakter dan kemandirian anak ke depannya. Nilai-nilai dasar yang ditanamkan sejak dini antara lain kedisiplinan dan tanggung jawab.

Kelompok bermain ini dilaksanakan setiap hari Rabu dan Jumat pukul 08.00-09.30 dan tidak dipungut biaya. Untuk mengajar anak-anak, Teguh dibantu isterinya Kristiyana, Am.Keb. dan Octavia Anggi Asa Aulia yang merupakan mahasiswi tingkat akhir IAIN Salatiga. “Kegiatan ini diharapkan ke depannya menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),” tutur Teguh Nugroho..

Baca Juga |  Pemdes Sukaraja Salurkan 140 BLT- DD Bulan September 2021

Kelompok bermain ini adalah salah satu kegiatan yang sejalan dengan visi misi Desa Wisata Kreatif Perdamaian Srumbung Gunung (DWKP). DWKP mengusung konsep untuk mengangkat potensi budaya dan atraksi di dalamnya menjadi sebuah daya tarik wisata. Dengan mengajarkan kegiatan “Sekolah Budaya” kepada anak-anak tentunya bisa menanamkan penguatan identitas kebudayaan itu sendiri bagi generasi milenial.

 

Foto kegiatan belajar mengenal tumbuhan sekitar
Bermain air mengisi botol dengan spons
Berita ini 229 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki

Kabar Desa

Rayakan Idul Fitri, Warga Dusun Pegundalan Pejawaran Banjarnegara Gelar Makan Bersama

Kabar Desa

Arus Mudik Di Perbatasan Nganjuk -JombangTerpantau Lancar Meskipun Dipenuhi Takbir Keliling

Kabar Desa

Pemdes Oehan Kembali Salurkan BLT KPM Lansia dan Disabilitas

Kabar Desa

Door to Door Pemdes Pulau Rajak Salurkan BLT DD Tahap Pertama TA 2024