Home / Kabar Desa

Kamis, 21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Sekolah Keluarga Sakinah, Cara PKK Nagari Sitalang Perkuat Para Kader

Wawan Hermawan - Penulis

TVDesa – Agam : Kader PKK harus mampu menjadi tauladan bagi masyarakat dalam merajut keluarga yang sakinah. Sehingga, para kader dituntut untuk selalu meningkatkan kapasitas pengetahuan di segala aspek.

Ketua PKK Nagari Sitalang, Ramadani Indra Putra menyebut, salah satu upaya meningkatkan pengetahuan para kader salah satunya melalui Sekolah Keluarga Sakinah.

Dikatakan, program Keluarga Sakinah yang dipelopori Pokja 1 Nagari Sitalang ini bertujuan menciptakan kader-kader yang dapat diteladani masyarakat dari berbagai aspek.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kader yamg bisa menjadi tauladan keluarga sakinah di Nagari Sitalang,” katanya, Rabu (20/3).

Melalui Sekolah Keluarga Sakinah ini lanjutnya, para kader juga diharapkan mampu menjadi agen yang mentransfer pengetahuan kesakinahan kepada masyarakat luas.

Baca Juga |  Pascalongsor, Jalan Sumbar-Riau Butuh Perbaikan Segera

“Untuk itu, selama 10 kali pertemuan nantinya, 12 kader PKK Nagari Sitalang akan menempa ilmu dari berbagai narasumber seperti dari KUA, Puskesmas, P2TP2A, Bundo Kanduang dan Kesekretariatan PKK,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Yenni Andri Warman saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, para kader PKK di nagari merupakan garda terdepan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itu, para kader harus mampu menyentuh setiap individu anggota keluarga, baik orang tua sebagai pengelola kehidupan, maupun generasi muda sebagai penerus masa di masa depan.

“Sehingga kami menilai, inovasi Pokja 1 Nagari Sitalang ini merupakan salah satu upya memperkuat masyarakat. Semoga sekolah keluarga sakinah ini membawa banyak manfaat,” katanya.

Baca Juga |  Lurah Talise Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Abadi

Yenni menyarankan, agar para remaja dilibatkan pada program sekolah tersebut. Karena menurutnya, saat ini remaja terus digerus oleh kemajuan zaman yang akan berdampak buruk jika tidak mampu menyaringnya.

“Kejadian penemuan bayi beberapa hari lalu merupakan contoh mirisnya. Kita berharap hal ini tidak kembali terulang, maka para remaja juga perlu diperkuat,” katanya.

Wali Nagari Sitalang, Indra Putra mengaku menyambut baik program yang digagas PKK nagari setempat. Menurutnya, keluarga adalah madrasah pertama bagi anak-anak, untuk itu para kaum ibu harus lebih dahulu berdaya.

“Harapan kami, semoga kegiatan ini berlanjut terus sehingga masuk ke sendi-sendi kehidupan bermasyarakat di Nagari Sitalan,” ujarnya.

Berita ini 29 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

PLN berhasil alirkan listrik ke Desa Ngancar di Mabar

Kabar Daerah

Pemkab Biak dukung penggunaan dana desa cegah stunting anak

Kabar Desa

Seorang Perangkat Desa di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang sukses usaha Bakso Prasmanan

Kabar Desa

Bappenas Bersama Kementerian/Lembaga Segera Luncurkan Indeks Desa

Kabar Desa

Kades Segarajaya Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Kabar Desa

Menolak Punah, Warga Desa Adobala Rawat Tradisi Gemohing

Kabar Desa

Jalan Hotmix Desa Rampung, Warga Karangsewu Sujud Syukur

Kabar Desa

Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran Desa Sumber Rejeki