Home / Kabar Daerah

Kamis, 4 Juli 2024 - 17:09 WIB

Semarak Pekan Budaya Limapuluh Kota: Pawai Budaya dan Festival Randai Penuh Warna

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – Limapuluh Kota : Pekan Budaya Limapuluh Kota tahun 2024 kian semarak dengan berbagai pertunjukan tradisi dan kesenian yang memukau. Salah satu yang menjadi daya tarik utama adalah Pawai Budaya yang digelar pada hari ketiga, Rabu (3/7).

Pawai Budaya ini menampilkan kekayaan tradisi dari 13 kecamatan di Limapuluh Kota, seperti Maanta Marapulai dari Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Maanta Anak dari rumah Bako di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Manjapuik Anggun-anggun dari Kecamatan Lareh Sago Halaban, Manjalang Nagari dari Kecamatan Bukik Barisan, dan Malam Bainai.

“Pawai Budaya ini mencerminkan tradisi dan budaya kita di Limapuluh Kota yang masih dilestarikan,” ujar Wini, salah seorang pengunjung, Rabu (3/7).

Baca Juga |  Pentas Seni Budaya Islami Negeri Batumerah Songsong HUT Kota Ambon ke-466 Kembali Digelar

Pawai Budaya ini dimulai dari Pusat Perkantoran Bupati Limapuluh Kota dan berakhir di pusat perhelatan Pekan Budaya. Para peserta pawai mengenakan busana khas Minangkabau, seperti Baju Kuruang, Tingkuluak Bekek, serta pakaian adat khas pengantin dan anak daro.

Sekretaris Kabupaten Limapuluh Kota, Herman Azmar, mengapresiasi antusiasme peserta dan masyarakat dalam mengikuti Pawai Budaya. Ia berharap semua rangkaian kegiatan Pekan Budaya Limapuluh Kota dapat berjalan lancar hingga penutupan.

Semarak Pekan Budaya Limapuluh Kota tak hanya diwarnai Pawai Budaya, tetapi juga Festival Randai yang telah digelar pada Selasa (2/7) malam. Pertunjukan randai dari berbagai nagari di Limapuluh Kota menghibur para pengunjung, termasuk anak-anak muda yang menunjukkan bakat mereka dalam seni tradisi ini.

Baca Juga |  Kemendes PDTT Akan Luncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara di Pariaman

“Masyarakat sangat antusias mengunjungi Pekan Budaya Limapuluh Kota. Buktinya, RTH Mahkota Berlian dibanjiri pengunjung untuk menyaksikan pertunjukan randai, stand pameran, dan menikmati jajanan di sepanjang koridor,” ujar Ali Hasan, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota.

Festival Randai dan Pawai Budaya menjadi bukti komitmen Pemkab Limapuluh Kota dalam melestarikan dan mempromosikan budaya daerah. Pekan Budaya ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat, serta meningkatkan minat generasi muda terhadap budaya lokal.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Daerah

Perangi Stunting, TP-PKK dan DWP Buton Bersinergi di Desa Sampuabalo

Kabar Daerah

Tingkatkan Kapasitas, Aparatur Desa dan BPD Aru Tengah Siap Kembangkan Desa

Kabar Daerah

Blora Siap Gelar TMMD Sengkuyung di Desa Bogorejo!

Kabar Daerah

Sabang Genjot Pembentukan Qanun Gampong Bersih Narkoba

Kabar Daerah

Percepat Pembangunan Desa, Morowali Utara Belajar dari Badung

Kabar Daerah

Dana Desa Transparan: Bombana Sosialisasikan Pentingnya Pengawasan

Kabar Daerah

Perang Stunting di Mukomuko: Rp13 Miliar Dana Desa Siap Digunakan

Kabar Daerah

HUDA Sumbar Diharapkan Isi Kekurangan Penceramah