Home / Kabar Pusat

Kamis, 4 Juli 2024 - 13:14 WIB

Senandung Dewi, Cara Kemenparekraf Kenalkan Sejumlah Desa Wisata

@ADMIN 1 - Penulis

TVDesa – JAKARTA : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan program Semarak Event Unggulan di Desa Wisata (Senandung Dewi) 2024. Program ini bertujuan mengenalkan sejumlah desa wisata yang dikembangkan selama empat tahun terakhir. Sejauh ini, tercatat ada lebih dari 6.000 desa wisata di Indonesia.

“Karenanya saya sangat mengapresiasi desa wisata se-Indonesia yang telah mengusulkan event-event berkualitas untuk berkolaborasi dalam program Senandung Dewi. Kita harapkan ini bisa mendatangkan kunjungan wisatawan kita ke desa wisata,” jelas Sandiaga saat Weekly Press Briefing, Senin (1/7/2024).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Vinsensius Jemadu mengatakan, program Senandung Dewi bisa menjadi cara efektif untuk menggaet wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. “Kami coba kurasi desa wisata mana saja yang sudah punya event, tetapi belum berkembang. Saatnya mereka untuk bersenandung,” ujar Vinsensius.

Baca Juga |  Kemendes Catat Pendapatan Warga Desa Meningkat 80 Persen

Pertama kalinya, Senandung Dewi akan berkolaborasi dengan Desa Penglipuran sebagai salah satu desa terbaik di dunia menurut UN Tourism. Total ada enam acara desa wisata di Indonesia yang berkolaborasi dengan Senandung Dewi 2024. Penglipuran Village Festival XI, Desa Wisata Penglipuran, Bali, mulai Kamis (4/7/2024) sampai Minggu (7/7/2024) Butuh Sidowarna Shadow Puppet Festival, Desa Wisata Wayang Sidowarna, Klaten, Jawa Tengah, mulai Sabtu (10/8/2024) sampai Minggu (11/8/2024) Hyang Argopuro Festival Jember, Kolaborasi 5 Desa Wisata mulai Kamis (12/9/2024) sampai Jumat (13/9/2024) Ngopi Padang Mbulan Rame-Rame, Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur pada Kamis (19/9/2024) Festival Gema Budaya, Desa Wisata Kreatif Terong, Belitung, mulai Senin (4/11/2024) sampai Kamis (7/11/2024) Acara pariwisata di Desa Wisata Golo Bilas, Manggarai Barat.

Baca Juga |  Kapuas Terima Penganugerahan Desa Wisata Indonesia

Pokdarwis Desa Wisata Adat Arjasa Jember, Sugianto yang hadir dalam peluncuran program ini menuturkan, penyelenggaraan Event Hyang Argopuro Festival Jember didukung oleh empat desa wisata penunjang. Keempatnya ada Desa Wisata Kemiri, Desa Wisata Klungkung, Desa Wisata Budaya Oseng Bitingan, dan Desa Sugerkidul. “Tahun ini, kami sudah melakukan digitalisasi tiket Hyang Argopuro Festival Jember biar kami tau pengunjung kami berasal dari mana saja, sekaligus meminimalisir kecurangan tiket,” ucap Sugianto. Lebih lanjut, Sugianto mengatakan bahwa acara tahunan desa wisata ini berhasil mendatangkan 104.840 wisatawan nusantara, serta 627 wisatawan mancanegara selama 2023.

Follow WhatsApp Channel tvdesanews.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Kabar Pusat

Gandeng FKUB Malut, Kemendes PDTT Berdayakan Desa Inklusif di Malut

Kabar Pusat

Desa Antikorupsi: Membangun Peradaban Berintegritas dari Pelosok Nusantara

Kabar Pusat

Mendagri Minta Jabar Perkuat dan Tingkatkan Kualitas SDM Desa

Kabar Pusat

BRILiaN dan UNS Berikan Sentuhan Ajaib, 15 Desa Ini Siap Jadi Role Model Desa Unggul

Kabar Pusat

Tangkal Urbanisasi: Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Jadi Kunci

Kabar Pusat

Bakal Bahas Ekosistem Pemasaran, Transaksi TTGN XXV Diharapkan Melonjak

Kabar Pusat

Lindungi Pekerja Desa, BPI Kemendes PDTT dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Kabar Pusat

Gelar Teknologi Tepat Guna, Perkuat Ekosistem Inovasi Desa